Bursa Asia 16 Januari Berakhir Mixed Terpengaruh Ketidakpastian Brexit

682

(Vibiznews – Index) Pasar Saham Asia Pasifik diperdagangkan mixed pada hari Rabu (16/01) mengabaikan rally semalam di bursa Wall Street terpengaruh ketidakpastian baru terkait penarikan Inggris dari Uni Eropa.

Indeks Nikkei 225 Jepang turun 112,54 poin, atau 0,55 persen, menjadi 20.442,75 sedangkan indeks Topix turun 4,95 poin, atau 0,32 persen, menjadi 1.537,77.

Di Korea Selatan, indeks Kospi naik 8,92 poin, atau 0,43 persen, menjadi 2.106,1.

Pasar Tiongkok Raya beragam, dengan Indeks Hang Seng Hong Kong menghapus kerugian awal, berakhir naik 0,27 persen pada 26902.10. Indeks Shanghai hampir datar, sedangkan indeks Shenzhen berakhir sedikit lebih rendah.

Di Australia, indeks ASX 200 menambahkan 20,6 poin, atau 0,35 persen, menjadi 5.835,2 karena subindeks keuangan bertambah 0,61 persen.

Pasar global menerima dorongan pada hari Selasa, dan analis mengaitkan sentimen positif dengan China menandakan lebih banyak langkah-langkah stimulus yang akan datang, termasuk pemotongan pajak yang lebih besar, di tengah kekhawatiran perlambatan ekonomi terbesar China. Data ekonomi baru-baru ini menunjukkan kontraksi dalam perdagangan dan kegiatan pabrik di China, membuat banyak orang bertanya-tanya apakah Beijing akan lebih agresif dengan langkah-langkah untuk menunjang ekonomi.

China baru-baru ini mengatakan akan memberikan lebih banyak keringanan pajak kepada perusahaan kecil.

Rencana Perdana Menteri Inggris Theresa May tentang bagaimana Inggris harus keluar dari Uni Eropa ditolak di House of Commons, yang merupakan majelis rendah parlemen Inggris. Meskipun langkah itu secara luas diperkirakan, laporan menunjukkan itu adalah kekalahan terbesar bagi pemerintah dalam sejarah politik Inggris.

Pemerintah Inggris sekarang hanya memiliki tiga hari kerja untuk memetakan rencana aksi baru. Tetapi para analis mencatat bahwa tidak mungkin mencapai banyak hal, mengingat tingkat oposisi terhadap perjanjian penarikan, kecuali jika ada putaran balik dari Brussels.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya bursa Asia akan mencermati pergerakan bursa Wall Street. Dengan masih munculnya sentimen ketidakpastian proses keluarnya Inggris dari Uni Eropa dapat memberikan tekanan.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here