Bursa Eropa Turun Merespon Ketidakpastian Politik Inggris

687

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Eropa bergerak lebih rendah pada Kamis (17/01), di tengah meningkatnya ketidakpastian politik di Inggris dan kekhawatiran yang berkelanjutan tentang perlambatan ekonomi China.

Indeks Stoxx 600 Eropa turun sekitar 0,9 persen selama transaksi tengah pagi, dengan hampir semua sektor dan bursa utama di wilayah negatif.

Indeks FTSE Inggris merosot 0.65 persen. Indeks DAX Jerman turun 0.39 persen. Indeks CAC Perancis melemah 0.46 persen.

Indeks perbankan Eropa termasuk di antara yang berkinerja terburuk Kamis pagi, turun sekitar 0,6 persen di tengah berita laba. Bank Prancis Societe Generale memimpin kerugian, tak lama setelah melaporkan hasil kuartal keempat akan terkena dampak negatif oleh kondisi pasar yang sulit. Saham-saham yang terdaftar di Paris tergelincir lebih dari 3 persen di tengah berita.

Melihat saham individu, Sage Inggris melonjak menuju puncak benchmark Eropa. Itu terjadi setelah perusahaan perangkat lunak mempertahankan proyeksi setahun penuh pada hari Kamis, menambahkan itu telah didorong oleh awal yang kuat ke 2019. Saham kelompok ini naik lebih dari 5 persen.

Sementara itu, ITV Inggris merosot ke bagian bawah indeks setelah Bank of America Merrill Lynch memangkas rekomendasi sahamnya menjadi “berkinerja buruk” dari “beli.” Saham perusahaan media yang terdaftar di London turun 7 persen di tengah berita.

Di depan data, pembacaan akhir inflasi zona Eropa mengkonfirmasi perkiraan awal yang dirilis awal Januari. Angka-angka terakhir menunjukkan inflasi melambat pada bulan Desember menjadi 1,6 persen pada tahun itu, sementara indikator inti tetap pada level rendah yang stabil.

Angka-angka yang diterbitkan Kamis oleh kantor statistik Uni Eropa menunjukkan inflasi telah jatuh jauh dari target Bank Sentral Eropa dengan tingkat di bawah, tetapi mendekati 2 persen. Itu bisa menyulitkan jalur bank sentral untuk kemungkinan kenaikan suku bunga selama beberapa bulan mendatang.

Fokus pasar sebagian besar selaras dengan perkembangan Brexit terbaru, setelah Perdana Menteri Theresa May terhindar dari mosi tidak percaya Rabu malam. May mengalahkan gerakan parlemen dengan selisih 19 suara.

Tak lama setelah mengamankan suara yang diperlukan untuk menghindari pemilihan umum, May mendesak para pemimpin partai lainnya untuk mengadakan pembicaraan lintas partai dalam upaya untuk memecahkan kebuntuan saat ini pada kesepakatan perceraian Brexit.

Garis besar untuk apa yang disebut “Rencana B” dijadwalkan pada hari Senin, dengan para pelaku pasar secara luas mengharapkan Westminster untuk mendorong perpanjangan Pasal 50 melewati 29 Maret.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa berpotensi lemah merespon ketidakpastian politik di Inggris. Melemahnya inflasi zona Eropa akhir tahun 2019 juga menekan pasar.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here