Pertumbuhan Ekonomi China 2018 Terendah 28 Tahun

659

(Vibiznews – Economy & Business) Pertumbuhan ekonomi China melambat tahun 2018. Hal tersebut terlihat dari rilis pada hari Senin yang menyatakan pertumbuhan ekonomi China mencapai 6,6 persen pada 2018, laju paling lambat sejak 1990.

Pertumbuhan PDB kuartal keempat adalah 6,4 persen, sesuai dengan konsensus. Namun angka ini adalah penurunan dari pertumbuhan 6,5 persen tahun-ke-tahun pada kuartal ketiga 2018.

Ekonom yang disurvei oleh Reuters memperkirakan PDB setahun penuh akan datang pada 6,4 persen, yang turun dari revisi 6,8 persen pada tahun 2017.

Pada hari Senin juga diumumkan data ekonomi China lainnya yang positif. Produksi industri tumbuh 5,7 persen pada Desember dari tahun sebelumnya – mengalahkan ekspektasi ekonom pertumbuhan 5,3 persen – melampaui pertumbuhan 5,4 persen November.

Data penjualan ritel naik 8,2 persen pada Desember-tahun, sejalan dengan perkiraan dan naik dari kenaikan 8,1 persen November.

Meskipun angka resmi PDB Beijing dilacak sebagai indikator kesehatan ekonomi terbesar kedua di dunia ini, banyak pakar luar telah lama menyatakan skeptis tentang kebenaran laporan China.

Kepala biro statistik China Ning Jizhe mengatakan kepada wartawan pada hari Senin bahwa perang perdagangan negaranya dengan AS telah mempengaruhi ekonomi domestik, tetapi dampaknya dapat dikelola, menurut laporan Reuters. Dia mengatakan ekonomi China telah menunjukkan tren yang melambat tetapi stabil dalam dua bulan terakhir, dan bahwa itu masih didorong secara keseluruhan oleh permintaan domestik.

Bahkan sebelum meningkatnya ketegangan perdagangan dengan AS, Cina sudah berusaha mengelola perlambatan ekonomi.

Beijing berusaha menyeimbangkan tindakan keras pada tingkat utang yang tinggi sambil juga menjaga pertumbuhan ekonomi. Sementara mengurangi ketergantungan pada utang akan menguntungkan ekonomi dalam jangka panjang, kemungkinan itu berarti laju pertumbuhan yang jauh lebih lambat daripada yang terlihat di negara ini dalam beberapa tahun terakhir.

Namun demikian, data ekonomi dari China diawasi dengan ketat untuk tanda-tanda kerusakan yang ditimbulkan oleh perang perdagangan dengan Washington.

Sementara data resmi menunjukkan ekonomi China bertahan hampir sepanjang tahun lalu, sekarang tampaknya melambat. Metrik produksi dan pesanan ekspor turun karena perselisihan perdagangan negara itu dengan AS dan faktor-faktor lain membebani pertumbuhan.

Kedua belah pihak telah mencoba menegosiasikan kesepakatan. China telah menawarkan peningkatan impor enam tahun selama pembicaraan yang sedang berlangsung dengan AS, para pejabat yang mengetahui masalah ini mengatakan kepada CNBC pekan lalu.

China mematok proposal untuk membeli lebih banyak barang A.S. hingga 2024 untuk harapan Presiden Donald Trump terpilih kembali pada tahun 2020, sumber tersebut mengatakan kepada CNBC.

Negosiator perdagangan utama China, Wakil Perdana Menteri Liu He, akan mengunjungi Washington, D.C., pada 30 Januari untuk pembicaraan dua hari dengan perwakilan perdagangan AS Robert Lighthizer.

Mengakui bahwa perkembangan China menghadapi lingkungan eksternal yang lebih rumit dan sulit pada 2019, kepala biro statistik negara itu Ning mengatakan masih ada banyak kemampuan untuk melembagakan dukungan baru, menurut laporan Reuters.

Analis mengharapkan Beijing untuk meluncurkan stimulus lebih lanjut di bulan depan.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here