Bursa Asia Ditutup Mixed Terpengaruh Keraguan Kesepakatan Dagang AS-China

740

(Vibiznews – Index) Pasar Saham Asia berakhir mixed pada hari Rabu (23/01) dengan munculnya sentimen kekhawatiran negosiasi perdagangan AS-China yang sedang berlangsung, setelah laporan muncul bahwa Gedung Putih membatalkan pertemuan perencanaan perdagangan dengan Beijing minggu ini.

Pasar China daratan, yang diawasi ketat terkait dengan perang perdagangan antara Beijing dan Washington, melihat kenaikan awal tetapi akhirnya kehilangan tenaga. Indeks Shanghai mengalami sedikit kenaikan untuk ditutup pada sekitar 2.581,00. Indeks Shenzhen naik 0,129 persen menjadi menyelesaikan hari perdagangan di sekitar 1.316,28.

Indeks Hang Seng Hong Kong berakhir flat, hanya naik 0,01 persen pada 27008.20.

Pejabat dari kementerian keuangan China mengatakan pada hari Rabu bahwa Beijing akan meningkatkan pengeluaran fiskal pada tahun 2019 untuk meningkatkan perekonomian negara.

China memberikan sekitar 1,3 triliun yuan pemotongan pajak dan biaya pada 2018, dalam upaya untuk membendung perlambatan pertumbuhan ekonomi negara itu karena negara itu terlibat dalam pertarungan dagang dengan Washington.

Indeks Nikkei 225 Jepang turun 0,14 persen menjadi ditutup pada 20.593,72 sedangkan indeks Topix turun 0,60 persen untuk mengakhiri hari perdagangannya di 1.547,03. Saham pemasok Apple Japan Display melonjak 18,75 persen, menyusul laporan bahwa perusahaan mencari bailout setelah penjualan iPhone XR yang mengecewakan. Japan Display memasok layar layar kristal cair yang digunakan di iPhone XR.

Sementara itu, produsen mobil Jepang, Subaru, melihat penurunan saham 3,44 persen. Pergerakan saham terjadi setelah Subaru mengumumkan telah menghentikan produksi di pabrik mobilnya di Jepang karena bagian yang rusak.

Bank sentral Jepang mempertahankan suku bunga stabil, seperti yang diperkirakan. Bank of Japan juga meninggalkan pedoman ke depan, sebuah langkah yang diambil pada bulan Juli untuk mempertahankan suku bunga sangat rendah untuk jangka waktu yang lama, tidak berubah.

Indeks Kospi Korea Selatan naik 0,47 persen menjadi ditutup pada 2.127,78.

Di Australia, indeks ASX 200 tergelincir 0,26 persen untuk menyelesaikan hari perdagangannya di 5.843,70. Sektor energi turun 1,53 persen karena saham minyak sebagian besar jatuh di belakang penurunan harga minyak mentah Selasa. Santos turun 1,49 persen, Oil Search turun 1,06 persen dan Woodside Petroleum turun 1,34 persen.

Di Wall Street semalam, Dow Jones Industrial Average mengakhiri kenaikan beruntun empat hari karena turun 301,87 poin menjadi ditutup pada 24.404,48. S&P 500 merosot 1,4 persen untuk menyelesaikan hari perdagangan di 2.632,90 sementara Nasdaq Composite turun 1,9 persen menjadi ditutup pada 7.020,36.

Saham di Amerika Serikat turun ke posisi terendah hari ini menyusul berita Financial Times yang mengatakan AS telah membatalkan pertemuan perdagangan dengan pejabat China. Laporan itu kemudian dikonfirmasi oleh sumber yang mengetahui situasi ini kepada Kayla Tausche dari CNBC.

AS dan China bertujuan untuk mencapai kesepakatan untuk memecahkan kebuntuan perdagangan mereka sebelum 1 Maret. Kedua kekuatan ekonomi telah terkunci dalam perang dagang yang berkelanjutan sejak 2018 yang telah membuat kedua belah pihak mengenakan tarif senilai miliaran dolar pada barang-barang masing-masing.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya bursa Asia akan mencermati pergerakan bursa AS yang berpotensi melemah dengan ketidakjelasan hasil pertemuan dagang AS-China.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here