Bursa Eropa Tertekan Kekhawatiran Perdagangan AS-China

1359

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Eropa diperdagangkan lebih rendah tertekan kekhawatiran perdagangan AS-China.

Indeks Stoxx 600 Eropa bergerak lebih rendah sebesar 0,37 persen dengan sebagian besar sektor dan bursa utama berada di zona merah. Indeks mengalami hari terlemah dalam enam minggu. Otomotif adalah sektor dengan kinerja terburuk karena kekhawatiran yang tumbuh bahwa hubungan perdagangan China dan AS akan memburuk.

Indeks FTSE Inggris melemah 0,29 persen. Indeks DAX Jerman merosot 0,56 persen. Indeks CAC Perancis turun 0,29 persen.

Laporan pada hari Kamis menyatakan bahwa Presiden AS Donald Trump tidak mungkin bertemu dengan pemimpin Tiongkok Xi Jinping sebelum Maret. Akibatnya, investor mempertimbangkan apakah mereka akan mencapai kesepakatan atas perdagangan sebelum batas waktu yang ditentukan sendiri pada 2 Maret. Gagal mencapai kompromi akan berarti tarif tambahan untuk barang-barang China secara langsung.

Selain itu, laporan baru pada hari Jumat menunjukkan bahwa Trump dapat menandatangani perintah minggu depan yang melarang peralatan telekomunikasi China dari jaringan nirkabel A.S.

Melihat saham individu, Skanska turun lebih dari 6 persen setelah mengejutkan investor dengan dividen yang lebih rendah.

Ubi Banca memiliki sesi perdagangan yang sulit. Bank Italia melaporkan hasil kuartal keempat yang berada di bawah ekspektasi. Saham ditangguhkan dari perdagangan setelah mereka turun lebih dari 5 persen dalam kesepakatan awal, Reuters melaporkan. Moody’s memperingatkan Kamis bahwa akan ada tekanan lebih lanjut pada bank-bank Italia, jika resesi ekonomi berlangsung selama beberapa kuartal lagi.

Dalam berita saham lainnya, Hermes naik di atas 1 persen setelah melaporkan angka terbaru. Ini menunjukkan bahwa masih ada permintaan kuat dari China, meskipun momentum ekonomi lebih rendah di Beijing.

Kembali di London, Brexit terus mendominasi berita utama. Perdana Menteri Inggris Theresa May, Kamis sepakat untuk kembali ke Brussels sebelum akhir bulan untuk pertemuan lebih lanjut dengan para pejabat UE.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya bursa Eropa berpotensi lemah dengan kekuatiran lanjutan perang dagang AS-China.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here