Bursa Asia Ditutup Mixed Menantikan Hasil Pembicaraan Dagang AS-China

1201

(Vibiznews – Index) Bursa saham Asia ditutup bervariasi pada Kamis (14/02) mencermati pembicaraan perdagangan tingkat tinggi antara AS dan China yang sedang berlangsung di Beijing.

Ada laporan bahwa Presiden AS Donald Trump mungkin mempertimbangkan akan memperpanjang batas waktu untuk kesepakatan perdagangan dengan China.

Pasar China daratan ditutup mixed. Indeks Shenzhen naik 0,659 persen untuk menyelesaikan hari perdagangan di sekitar 1.398,84. Sementara itu, indeks Shanghai ditutup sedikit lebih rendah di sekitar 2.719,70

Indeks Hang Seng Hong Kong turun 0,23 persen, pada 28432.05.

Pergerakan datang di belakang data perdagangan China untuk Januari datang lebih kuat dari yang diperkirakan.

Ekspor dalam denominasi dolar untuk bulan ini naik 9,1 persen dari tahun lalu, menurut data bea cukai Tiongkok. Ekspor Januari di ekonomi terbesar kedua di dunia itu diperkirakan berkontraksi 3,2 persen dari tahun sebelumnya, menurut ekonom dalam jajak pendapat Reuters, dibandingkan dengan penurunan 4,4 persen pada Desember.

Impor berdenominasi dolar Januari turun 1,5 persen dalam setahun, yang jauh lebih baik dari yang diperkirakan. Impor pada Desember turun 7,6 persen dari tahun lalu.

Di tempat lain di Asia, indeks Nikkei 225 dan Topix Jepang keduanya ditutup sebagian besar tidak berubah masing-masing pada 21.139,71 dan 1.589,81. Saham Fast Retailing, perusahaan di belakang jaringan toko pakaian Uniqlo, naik 0,43 persen pada hari itu.

Itu terjadi setelah data pemerintah menunjukkan produk domestik bruto Jepang tumbuh pada tingkat tahunan 1,4 persen pada periode Oktober hingga Desember tahun lalu.

Pembacaan awal untuk produk domestik bruto kuartal keempat ini sejalan dengan perkiraan dari para ekonom yang disurvei oleh Reuters. Itu datang di belakang revisi turun untuk kontraksi tahunan 2,6 persen di kuartal ketiga.

Indeks ASX 200 Australia tergelincir secara fraksional menjadi ditutup pada 6.059,40 karena subindex keuangan yang sangat tertekan turun 0,8 persen. Saham-saham yang disebut bank Big Four menurun: Australia and New Zealand Banking Group tergelincir 0,34 persen, National Australia Bank merosot 0,66 persen, Westpac turun 0,72 persen sementara Commonwealth Bank of Australia turun 0,87 persen.

Indeks Kospi Korea Selatan melonjak 1,11 persen menjadi ditutup pada 2.225,85.

Semalam, bursa saham AS naik di tengah harapan kemungkinan kesepakatan perdagangan AS-China.

South China Morning Post melaporkan pada hari Rabu bahwa Presiden China Xi akan bertemu dengan Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin dan Perwakilan Dagang AS Robert Lighthizer pada hari Jumat.

Laporan itu, yang mengutip sumber yang dekat dengan masalah ini, mengatakan Xi “dijadwalkan untuk bertemu” dengan anggota kunci dari delegasi perdagangan A.S. yang ada di Beijing, termasuk Lighthizer dan Mnuchin. Wakil Perdana Menteri China Liu He juga diperkirakan akan menghadiri jamuan makan untuk delegasi A.S. minggu ini, menurut surat kabar itu.

China dan AS sedang mencoba untuk mencapai kesepakatan sebelum 2 Maret. Jika tidak, tarif tambahan AS untuk barang-barang Tiongkok dapat berlaku. Kedua kekuatan ekonomi telah terkunci dalam pertarungan perdagangan yang sedang berlangsung yang telah mengguncang pasar keuangan global sejak 2018.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya bursa Asia akan mencermati pergerakan bursa Wall Street yang akan dipengaruhi sentimen hasil pembicaraan tingkat tinggi AS-China di Beijing.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here