Bursa Asia 6 Maret Mixed; Bursa China Melonjak Terbantu Stimulus Pemerintah

818
indeks shanghai

(Vibiznews – Index) Bursa saham Asia berakhir mixed pada Rabu (06/03). Bursa Saham China menguat tajam terbantu langkah-langkah stimulus pemerintah China yang diumumkan pada hari Selasa.

Indeks Shanghai melonjak 1,57 persen menjadi ditutup pada 3.102,10. Indeks Shenzhen melonjak 1,49 persen menjadi ditutup pada 1.660,41.

Indeks Hang Seng Hong Kong juga diperdagangkan di wilayah positif, menambahkan 0,26 persen pada 29037.60.

Langkah-langkah stimulus yang diumumkan oleh Beijing pada hari Selasa termasuk pengeluaran infrastruktur dan pemotongan pajak dan biaya senilai hampir 2 triliun yuan ($ 289,28 miliar).

Pasar Asia lainnya melemah. Indeks Nikkei 225 Jepang turun 0,6 persen menjadi ditutup pada 21.596,81, dan Topix turun 0,25 persen menjadi berakhir pada 1.615,25. Saham Fast Retailing, perusahaan di belakang rantai toko pakaian Uniqlo, turun lebih dari 2 persen.

Di Korea Selatan, indeks Kospi tergelincir 0,17 persen menjadi ditutup pada 2.175,60 dengan saham Samsung Electronics naik sedikit untuk tergelincir 0,56 persen, dari penurunan tajam sebelumnya.

Sedangkan indeks ASX 200 Australia naik 0,64 persen. Data pada hari Rabu menunjukkan ekonomi negara itu melambat tajam pada paruh kedua tahun lalu.

Mengenai perkembangan perdagangan, Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo mengatakan pada hari Senin bahwa dia pikir Washington dan Beijing “berada di puncak” untuk mencapai kesepakatan yang akan mengakhiri pertikaian perdagangan.

Pada hari pertama Kongres Rakyat Nasional (NPC) tahunan China pada hari Selasa, sebuah survei swasta menunjukkan bahwa sektor jasa negara itu pada bulan Februari mengalami tingkat pertumbuhan paling lambat dalam empat bulan. Beijing mengatakan pada hari Selasa bahwa ia menurunkan target pertumbuhan negara untuk tahun ini.

Temuan sebagian besar sejalan dengan ukuran resmi sektor non-manufaktur yang dirilis minggu lalu, yang menunjukkan aktivitas layanan mendingin pada Februari setelah rebound selama dua bulan berturut-turut.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya bursa Asia akan mencermati pergerakan bursa Wall Street yang akan mencermati data ekspor, impor dan neraca perdagangan AS bulan Desember, yang jika melemah akan menekan bursa AS.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here