OECD Pangkas Proyeksi Ekonomi Global; Perang Dagang dan Ketidakpastian Brexit Penyebabnya

1125

(Vibiznews – Economy & Business) OECD memangkas lagi proyeksi untuk ekonomi global pada 2019 dan 2020, sebagai lanjutan dari penurunan peringkat sebelumnya pada November, karena memperingatkan bahwa sengketa perdagangan dan ketidakpastian Brexit akan melanda perdagangan dan bisnis dunia.

Organisasi untuk Kerjasama Ekonomi & Pembangunan (OECD) memperkirakan dalam laporan sementaranya bahwa ekonomi dunia akan tumbuh 3,3 persen pada 2019 dan 3,4 persen pada 2020.

Prakiraan tersebut mewakili pemotongan 0,2 poin persentase untuk 2019 dan 0,1 poin persentase untuk tahun 2020, dibandingkan dengan perkiraan sebelumnya OECD pada bulan November.

“Ketidakpastian kebijakan yang tinggi, ketegangan perdagangan yang sedang berlangsung, dan erosi lebih lanjut dari bisnis dan kepercayaan konsumen semuanya berkontribusi terhadap perlambatan,” kata OECD dalam laporannya seperti yang dilansir Reuters.

Eropa tetap dipengaruhi oleh ketidakpastian atas rencana Inggris untuk keluar dari Uni Eropa, AS – pertengkaran perdagangan China dan titik-titik lemah lainnya, seperti tanda-tanda resesi di Italia.

Untuk Jerman, ekonomi terbesar di Eropa, OECD memotong lebih dari setengahnya perkiraan pertumbuhan PDB 2019 menjadi 0,7 persen dari 1,6 persen sebelumnya. Ini memperikrakan pemulihan ringan ke pertumbuhan 1,1 persen pada tahun 2020. Ekonomi Jerman yang bergantung pada ekspor sangat dipengaruhi oleh melemahnya permintaan global dan meningkatnya hambatan perdagangan.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here