Kekhwatiran Resesi Global Pudar, Bursa Eropa Bergerak Untung

669

(Vibiznews – Index) – Perdagangan bursa saham kawasan Eropa awal pekan hari Selasa (26/03) dibuka sedikit lebih tinggi  karena kekhawatiran atas kemungkinan resesi ekonomi global memudar dan investor berkonsentrasi pada berita-berita koorporasi.

Indeks Pan-Eropa Stoxx 600 naik sekitar 0,1 persen dari perdagangan sebelumnya dengan sebagian besar bursa dan sektor utama bergerak kuat. Indeks  CAC 40 Prancis naik 0,35 persen dan FTSE 100  naik 0,23 persen, namun indeks DAX Jerman sedang melemah 0,10 persen.

Pergerakan saham yang lebih tinggi dipimpin oleh saham-saham perminyakan oleh dukungan kenaikan harga komoditas minyak mentah di tengah pemangkasan pasokan yang sedang berlangsung pada negara OPEC.

Untuk berita saham yang menguat, saham Ocado melonjak 4,6 persen setelah menandatangani kemitraan e-commerce dengan Coles Australia. Saham Convatec naik 8 persen setelah melaporkan minat dari perusahaan ekuitas swasta EGT.

Perhatian pasar kini tertuju pada pergerakan yield obligasi AS yang perdagangan akhir pekan lalu dan juga hari Senin pasar khawatir dengan kemungkinan terjadinya resesi ekonomi AS karena kurva yield obligasi AS bergerak terbalik dan hari Senin imbal hasil obligasi 10-tahun jatuh ke level terendah sejak Desember 2017.

Selain itu juga investor memantau perkembangan Brexit terbaru. Anggota parlemen Inggris memberikan suara untuk mengambil alih kendali proses Brexit pada Senin malam, mengambilnya dari pemerintahan Perdana Menteri Theresa May. Sebuah amandemen disahkan yang memungkinkan anggota parlemen untuk mengatur jadwal untuk debat dan pemilihan berikutnya diharapkan akan berlangsung pada hari Rabu.

Dalam berita politik lainnya, Presiden Tiongkok Xi Jinping mengunjungi Perancis pada hari Senin dan  menandatangani 15 kesepakatan komersial, termasuk pesanan 300 pesawat dengan Airbus dan kesepakatan 1 miliar euro ($ 1,1 miliar) bagi EDF untuk membangun  lepas pantai di China.

Sebagai informasi perdagangan bursa Eropa awal pekan lebih rendah karena investor resah tentang resesi AS yang akan datang. Indeks Pan Eropa Stoxx 600 turun setengah persen. Indeks CAC 40 Prancis dan DAX Jerman keduanya turun 0,2 persen sementara FTSE 100 AS turun 0,4 persen.

 

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting Group
Editor: Asido Situmorang 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here