Presiden Joko Widodo : KEK Menumbuhkan Industri dan Membuka Lapangan Kerja

1203

(Vibiznews – Economy & Business) Pemerataan pembangunan di seluruh wilayah Indonesia kembali menjadi fokus bagi Presiden Joko Widodo.

Pada hari ini Senin (01/04) Presiden Jokowi meresmikan  tiga Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), yaitu KEK Maloy Batuta Trans Kalimantan, KEK Morotai, dan KEK Bitung, di Bandar Udara Sam Ratulangi, Kota Manado, Sulawesi Utara (Sulut), Senin (1/4) pagi.

Diharapkan dengan telah diresmikannya ketiga KEK itu maka industri pengolahan, industri-industri yang lain, juga pabrik-pabrik dapat segera dibuka di kawasan-kawasan tersebut, dengan demikian terbuka lapangan pekerjaan yang sebanyak-banyaknya.

Presiden Joko Widodo juga menekankan selain membangun kawasan-kawasan ekonomi khusus, fasilitas infrastruktur pemerintah juga wajib dipenuhi supaya daya saing (competitiveness) kita bisa bersaing dengan produk-produk yang lain dan lebih efisien.

Ia menunjuk contoh misalnya kawasan ekonomi khusus di Bitung, nanti selesai jalan tol Bitung – Manado.

“Tadi sudah saya cek, sudah delapan puluh persen selesai. Insyaallah nanti September, maksimal Oktober operasional sudah kita resmikan,” demikian disampaikan Presiden Joko Widodo seperti yang dilansir dalam website Setkab terkait pembangunan kawasan ekonomi khusus di Bitung, yang juga akan diselesaikan jalan tol Bitung – Manado.

Presiden Joko Widodo juga berharap kehadiran tiga KEK itu akan mendorong terjadi pemerataan pembangunan karena di kawasan Timur, di Maluku Utara, di Sulawesi Utara. Jika sebelumnya produk dari daerah sekitar KEK diekspor dalam bentuk barang mentah, diharapkan nantinya akan ada pengolahan industri di dalam negeri, seperti industri pengolahan ikan, kelapa sawit, dan juga produk-produk perkebunan yang lain, termasuk di dalamnya pariwisata.

Dengan mengekspor bahan-bahan yang sudah diolah, lanjut Presiden, nantinya akan ada nilai tambah, ada added value yang diharapkan juga memberikan lapangan pekerjaan yang sebanyak-banyaknya kepada masyarakat.

Selain ketiga KEK, dalam kesempatan itu Presiden Jokowi secara simbolis juga meresmikan Rumah Susun Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado dan Rumah Susun Mahasiswa Universitas Kristen Tomohon.

Foto : Setkab RI

 

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here