Bursa Asia Sebagian Besar Naik Merespon Kenaikan PDB Q1 China

915

(Vibiznews – Index) Sebagian besar pasar saham Asia ditutup lebih tinggi pada hari Rabu (17/04), setelah rilis pertumbuhan ekonomi China lebih baik dari perkiraan.

Saham China Daratan lebih tinggi. Indeks Shanghai naik 0,29 persen menjadi sekitar 3.263,12 dan indeks Shenzhen naik 0,721 persen menjadi ditutup pada sekitar 1.772,71.

Indeks Hang Seng Hong Kong sebagian besar datar, pada jam terakhir perdagangannya.

China mengatakan Rabu bahwa ekonominya tumbuh 6,4 persen pada kuartal pertama 2019, mengalahkan ekspektasi analis. Sebuah jajak pendapat Reuters memperkirakan produk domestik bruto negara itu akan tumbuh 6,3 persen tahun-ke-tahun dalam tiga bulan pertama tahun ini. China tumbuh 6,4 persen tahun ke tahun di kuartal keempat tahun lalu, dan 6,8 persen pada kuartal pertama tahun 2018.

Investor telah memperhatikan kesehatan ekonomi Tiongkok – terbesar kedua di dunia – di tengah sengketa perdagangan Beijing dengan Washington. Angka PDB resmi diikuti secara luas, tetapi banyak ahli telah lama menyatakan skeptis tentang kebenaran laporan China.

China juga merilis data harga rumah pada hari Selasa, melaporkan bahwa rata-rata harga rumah baru naik lebih cepat pada bulan Maret dibandingkan dengan bulan sebelumnya, menurut perhitungan data Reuters yang dirilis oleh Biro Statistik Nasional.

Indeks Nikkei 225 Jepang naik 0,25 persen menjadi ditutup pada 22.277,97, dengan saham Fast Retailing dan Fanuc masing-masing naik 0,92 persen dan 0,42 persen. Indeks Topix juga menambahkan 0,26 persen untuk menyelesaikan hari perdagangan di 1.630,68.

Namun di Korea Selatan, indeks Kospi turun 0,12 persen menjadi ditutup pada 2.245,89.

Indeks ASX 200 di Australia juga turun 0,33 persen untuk mengakhiri hari perdagangan di 6.256,40 karena hampir semua sektor merosot.

DuluxGroup, pembuat cat terbesar di Australia, mendukung proposal pengambilalihan A $ 3,81 miliar (sekitar $ 2,73 miliar) dari Nippon Paint yang berbasis di Jepang, menurut laporan Reuters. Saham Dulux melonjak 27,12 persen setelah pengumuman itu, sementara Nippon Paint turun 3,62 persen.

Tawaran Nippon untuk Dulux datang ketika pertumbuhan pendapatan kelompok Australia melambat dan pemasok bahan bangunan menghadapi tantangan besar ketika boom pembangunan rumah di pantai timur turun dan nilai rumah turun tajam, menurut Reuters.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya bursa Asia akan melihat pergerakan bursa Wall Street, yang akan mencermati data perdagangan Februari AS yang jika terealisir meningkat akan menguatkan bursa AS.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here