Ancaman Trump Picu Profit Taking Serang Bursa Eropa

660

(Vibiznews – Index) – Perdagangan bursa saham kawasan Eropa  memulai sesi awal pekan di hari Senin (06/05)  turun tajam setelah Presiden AS Donald Trump mengancam untuk menaikkan tarif barang dagang China dikarenakan  lambatnya kemajuan dalam pembicaraan perdagangan antara dua ekonomi terbesar di dunia.

Indeks Pan Eropa Stoxx 600 turun 1,5 persen pada 384,61 dalam pembukaan transaksi setelah naik 0,4 persen pada hari Jumat lalu, dengan banyak sektor dan indeks utama masuk dalam zona merah. Indeks DAX Jerman kehilangan 2,1 persen dan indeks CAC 40 Prancis menurun 2,2 persen sementara FTSE di bursa saham Inggris ditutup  libur publik.

Kekhawatiran tarif perdagangan membebani sektor otomotif, dengan BMW, Daimler, Volkswagen, Renault dan Peugeot anjlokn 3-4 persen. ASML Holding N.V kehilangan 3 persen meskipun putusan pengadilan AS mendukung pembuat peralatan chip Belanda dalam kasus pencurian kekayaan intelektual terhadap pembuat perangkat lunak A. Xtal.

Saham Roche, perusahaan obat utama Swiss turun 1 persen meskipun memenangkan persetujuan FDA AS untuk Kadcyla (trastuzumab emtansine). Perusahaan telekomunikasi utama Norwegia, Grup Telenor, melonjak 4 persen. Perusahaan ini sedang dalam pembicaraan dengan perusahaan telekomunikasi Malaysia Axiata Group Berhad untuk kemungkinan merger non-tunai dari telekomunikasi dan operasi infrastruktur mereka di Asia, di mana Telenor berencana untuk mengambil saham mayoritas.

Thyssenkrupp AG anjlok 4,7 persen setelah  mengatakan pada hari Minggu pihaknya masih melihat ruang lingkup untuk perjanjian dengan regulator antitrust Eropa pada usaha patungan yang direncanakan dengan Tata Steel.

Saham Airbus turun lebih dari 2 persen  oleh karena dirgantara dan pertahanan sedang mempertimbangkan menuntut pemerintah Jerman atas larangan ekspor senjata ke Arab Saudi.

Dalam rilis ekonomi, kepercayaan investor zona euro meningkat kuat pada Mei ke level tertinggi sejak November, melebihi ekspektasi ekonom menurut Sentix. Indeks kepercayaan investor naik untuk bulan ketiga berturut-turut menjadi 5,3 dari -0,3 di bulan April.

Sebagai informasi, perdagangan bursa Eropa akhir pekan lalu  lebih tinggi  karena investor bereaksi positif terhadap pembaruan pendapatan dari bank dan data pekerjaan AS yang optimis. Indeks Pan Eropa Stoxx 600 naik 0,4 persen dengan indeks DAX Jerman naik 0,6 persen, indeks CAC 40 Prancis naik 0,2 persen dan FTSE 100 dari AS naik 0,4 persen.

 

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting  
Editor: Asido Situmorang 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here