Rupiah Rabu Melemah ke Rp14.295/USD; Dollar Tertekan Penguatan Yen Jepang

613

(Vibiznews – Economy) – Dalam pergerakan pasar uang Rabu siang ini (08/05), nilai tukar rupiah terhadap dollar terpantau masih melemah, di sekitar 2 bulan terendahnya, sementara dollar AS di pasar Asia terlihat terkoreksi setelah gain tipis di sesi global sebelumnya. Rupiah terhadap dollar AS menjelang sore ini melemah 0,10% ke level Rp 14.295 dibandingkan posisi penutupan perdagangan sebelumnya di Rp 14.280.

Analis Vibiz Research Center melihat untuk hari ini perdagangan rupiah vs dollar dibuka melemah ke Rp 14.288, kemudian bergerak lemah sampai ke Rp14.315, dan terakhir siang menjelang sore ini WIB terpantau di posisi Rp 14.295. Melemahnya rupiah terjadi sementara dollar di pasar uang Eropa tampak terkoreksi terbatas di tengah penguatan yen Jepang dalam perkembangan tensi perang dagang AS – China.

Indeks dollar, yang mengukur dollar terhadap keranjang enam mata uang saingan utamanya, siang WIB ini turun ke level 97,25, dibandingkan level penutupan sesi sebelumnya di 97,31.

Sementara itu, IHSG Rabu di sesi kedua, terpantau tergerus 0,82% atau 50,613 poin ke level 6.246,416, sedangkan bursa saham kawasan Asia umumnya juga melemah di tengah kekhawatiran atas perang tariff AS – China.

 

Analis Vibiz Research Center melihat dollar AS terhadap rupiah hari ini terus menguat, di minggu ketiganya, dengan dollar di pasar Eropa agak terkoreksi di tengah isyu perang dagang AS – China kembali.

 

Alfred Pakasi/VBN/MP Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here