Rupiah Jumat Melemah Tipis ke Rp14.358/USD; Dollar Asia Terkoreksi oleh Safe Haven

690

(Vibiznews – Economy) – Dalam pergerakan pasar uang akhir pekan Jumat pagi ini (10/05), nilai tukar rupiah terhadap dollar terpantau masih melemah terbatas, di sekitar 4 bulan terendahnya, di tengah panasnya politik paska pemilu, sementara dollar AS di pasar Asia terlihat lanjut terkoreksi dari loss di sesi global sebelumnya. Rupiah terhadap dollar AS pagi ini melemah tipis 0,06% ke level Rp 14.358 dibandingkan posisi penutupan perdagangan sebelumnya di Rp 14.350.

Analis Vibiz Research Center melihat untuk hari ini perdagangan rupiah vs dollar dibuka menguat ke Rp 14.332, kemudian bergerak lemah sampai ke Rp14.360, dan terakhir pagi ini WIB terpantau di posisi Rp 14.358. Melemahnya rupiah terjadi sementara dollar di pasar uang Asia tampak tertekan di hari keduanya oleh penguatan mata uang safe haven seperti yen di tengah naiknya tensi perang dagang AS – China.

Indeks dollar, yang mengukur dollar terhadap keranjang enam mata uang saingan utamanya, pagi WIB ini turun ke level 97,16, dibandingkan level penutupan sesi sebelumnya di 97,27.

Sementara itu, IHSG Jumat di sesi pertama, terpantau rebound 0,26% atau 15,827 poin ke level 6.213,469, sedangkan bursa saham kawasan Asia umumnya menguat sekalipun tariff pada impor China dinaikkan AS.

 

Analis Vibiz Research Center melihat dollar AS terhadap rupiah hari ini terus menguat, ke level 4 bulan tertingginya, dengan dollar di pasar Asia masih tertekan di tengah isyu perang dagang AS – China.

 

Alfred Pakasi/VBN/MP Vibiz Consulting

Editor: Asido

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here