Bursa Eropa Bergerak Positif; Indeks STOXX 600 Raih Level Tertinggi

1478

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Eropa bergerak lebih tinggi pada Kamis (16/05), pulih dari kerugian awal akibat AS memasukkan perusahaan teknologi China Huawei dalam daftar hitam. Indek STOXX 600 Eropa mencapai level tertinggi sehari di perdagangan sore hari.

Indeks STOXX 600 Eropa naik sekitar 0,4%, sumber daya dasar memimpin kenaikan dengan kenaikan 1,75%, sementara otomotif yang berjuang untuk membuat kemajuan, tergelincir 0,4%.

Indeks FTSE Inggris naik 0.23%. Indeks DAX Jerman naik 0.64%. Indeks CAC Perancis meningkat 0.26%.

Thyssenkrupp adalah pemain terkuat, sahamnya naik 6,9% pada laporan bahwa Kone Finlandia menilai kelayakan tawaran untuk divisi elevator perusahaan industri Jerman ini. Saham Kone diperdagangkan 4,1% lebih tinggi.

Di Asia, saham bervariasi dalam perdagangan Kamis sore setelah AS membidik kembali Huawei, dengan Presiden Donald Trump mendeklarasikan keadaan darurat nasional atas ancaman terhadap teknologi A.S. Langkah itu dilakukan melalui perintah eksekutif, mendahului larangan perusahaan-perusahaan Amerika yang berurusan dengan perusahaan telekomunikasi China.

Namun, Presiden Prancis Emmanuel Macron berbicara kepada CNBC Kamis dan menuangkan air dingin pada gagasan menerapkan tindakan proteksionis pada perusahaan teknologi seperti Huawei.

Saham China Daratan dan Hong Kong pulih dari penurunan awal untuk diperdagangkan sedikit lebih tinggi di sore hari, sementara saham di Jepang dan Korea Selatan berakhir di zona merah.

Di Amerika Serikat, investor akan memantau lingkungan pasar yang fluktuatif setelah saham naik pada Rabu setelah beberapa sumber mengatakan kepada CNBC tentang penundaan tarif otomatis. Ini terjadi setelah aksi jual pasar Senin ketika perang perdagangan antara ekonomi terbesar di dunia berlangsung.

Kembali di Eropa, pemberontak pendukung Brexit di dalam Partai Konservatif Perdana Menteri Theresa May di Inggris mengatakan, Rabu, mereka akan membatalkan kesepakatan perceraiannya dengan Uni Eropa, yang akan diajukan ke parlemen untuk keempat kalinya bulan depan.

Sementara itu, Komisi Eropa sedang berupaya mendorong regulasi terbesar di perbankan sejak krisis keuangan 2008, yang dapat membatasi akses Inggris setelah kepergiannya dari blok tersebut, menurut laporan Reuters.

Dalam berita perusahaan, perusahaan asuransi Italia Generali melaporkan laba bersih kuartal pertama sebesar 744 juta euro ($ 833,8 juta), kenaikan 28%, didorong oleh hasil operasi yang meningkat dan penjualan bisnis. Saham perusahaan diperdagangkan sekitar 0,7% lebih rendah.

NN Group mengalahkan ekspektasi dengan lonjakan 50% dalam laba inti kuartal pertama pada 468 juta euro, didorong oleh peningkatan kinerja dalam bisnis asuransi jiwa Belanda. Saham turun 1,3% menjelang akhir sesi pagi.

Agen perjalanan Thomas Cook melihat kerugian meningkat dan mengatakan ketidakpastian politik akan berdampak pada keuntungannya pada musim panas ini, menambahkan bahwa mereka telah menerima beberapa tawaran untuk unit perusahaan penerbangan setelah disiapkan untuk dijual. Perusahaan melaporkan kerugian yang mendasari laba sebelum bunga dan pajak (EBIT) sebesar £ 245 juta ($ 314,6 juta). Saham turun 17% menjelang akhir sesi pagi.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya bursa Eropa akan bergerak naik merespon kawasan Eropa seperti presiden Macron tidak menyetujui perlakuan terhadap Huawei tersebut. Bursa Eropa juga akan mencermati perkembangan bursa Wall Street.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here