Bursa Eropa Menguat; Ketegangan Perang Dagang AS-China Mereda

1166

(Vibiznews – Index) Pasar Saham Eropa bergerak lebih tinggi pada Selasa (21/05) dengan meredanya ketegangan perdagangan AS dan China.

Indek STOXX 600 Eropa naik 0,3% lebih tinggi pada awal, dengan saham teknologi memimpin dengan kenaikan 1%.

Indeks FTSE Inggris naik 0.50%. Indeks DAX Jerman naik 1.03%. Indeks CAC Perancis naik 0.55%.

Pada Senin pasar ditutup lebih rendah setelah tindakan keras AS terhadap raksasa telekomunikasi China Huawei menekan sektor teknologi. Pembuat chip besar Eropa melihat aksi jual dengan laporan bahwa Infineon Jerman telah menangguhkan pengiriman ke Huawei.

Namun, pasar rebound pada Selasa setelah pemerintah AS sementara meringankan beberapa pembatasan perdagangan yang diberlakukan pada perusahaan, dalam suatu langkah yang dimaksudkan untuk meminimalkan gangguan bagi pelanggan Huawei di seluruh dunia, Reuters melaporkan.

Produsen semikonduktor Austria AMS memimpin kerugian Senin tetapi naik 5% pada awal perdagangan Selasa, sementara saingan Italia STMicroelectronics naik 2,1%.

Investor juga akan memantau meningkatnya ketegangan geopolitik antara Gedung Putih dan Iran setelah Presiden AS Donald Trump memperingatkan Senin bahwa Iran akan bertemu dengan “kekuatan besar” jika itu menyerang kepentingan A.S. di Timur Tengah.

Kembali di Eropa, Menteri Keuangan Inggris Philip Hammond akan memperingatkan Selasa bahwa mereka yang berada di “hak populis” mendorong UK untuk meninggalkan Uni Eropa tanpa kesepakatan akan melakukan kerusakan yang disengaja untuk ekonomi Inggris.

Dalam hal saham individu, Norsk Hydro turun ke awal yang terkuat, naik 5,4% setelah Brasil memberi jalan untuk pabrik Alunorte Alumina untuk dibuka kembali. Saham perusahaan listrik Prancis Engie turun 2,7% di awal perdagangan setelah sebuah laporan bahwa pengusaha Prancis Jacques Veyrat dapat menjual kelompok energi terbarukan Neoen ke Engie dengan imbalan saham kecil di perusahaan.

Dalam berita perusahaan, prospek ekonomi OECD akan dirilis sebagai bagian dari forum organisasi di Paris.

Nationwide Building Society melaporkan penurunan laba sebesar 15% untuk tahun ini hingga 4 April, karena persaingan yang ketat di pasar pinjaman rumah dan peningkatan pengeluaran pada layanan perbankan digital memakan marginnya.

Laba sebelum pajak Severn Trent naik menjadi £ 384,7 juta ($ 489,8 juta) dibandingkan dengan £ 301,2 juta yang disajikan kembali pada tahun fiskal 2018, tetapi perusahaan menyatakan keprihatinan tentang dampak potensial dari nasionalisasi ulang industri air jika terjadi perubahan dari Pemerintah Inggris. Saham naik 0,8% di awal perdagangan.

Halfords melaporkan penurunan laba 18% untuk 2019, menyebabkan sahamnya turun 2%, sementara WH Smith turun 1,5% setelah mengumumkan kepergian CEO Stephen Clarke Selasa pagi.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya bursa Eropa akan bergerak naik seiring meredanya ketegangan perdagangan AS-China.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here