Pertumbuhan Ekonomi AS Q1 Meningkat

1154
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Economy & Business) Pertumbuhan ekonomi AS meningkat pada kuartal pertama, demikian konfirmasi pemerintah AS pada hari Kamis (30/05), tetapi ada tanda-tanda bahwa dorongan sementara dari ekspor dan akumulasi persediaan sudah memudar, dengan produksi di pabrik-pabrik melambat.

Produk domestik bruto meningkat pada tingkat tahunan 3,1%, pemerintah mengatakan dalam pembacaan kedua dari PDB kuartal pertama. Itu sedikit turun dari laju 3,2% yang diperkirakan bulan lalu.

Ekonomi tumbuh pada laju 2,2% pada periode Oktober-Desember. Sementara pemerintah memangkas estimasi awal untuk investasi inventori, pertumbuhan ekspor dinaikkan. Dua komponen yang mudah menguap ini adalah pendorong utama kenaikan PDB pada kuartal pertama.

Ada revisi kecil ke atas untuk pertumbuhan belanja konsumen. Pengeluaran bisnis untuk peralatan sebenarnya mengalami kontraksi pada kuartal terakhir, sementara pasar perumahan lebih lemah dari perkiraan semula.

Ekonom yang disurvei oleh Reuters memperkirakan pertumbuhan PDB untuk tiga bulan pertama tahun ini akan dipangkas menjadi tingkat 3,1%. Tidak termasuk perdagangan, persediaan, dan pengeluaran pemerintah, ekonomi tumbuh pada tingkat 1,3% seperti yang dilaporkan bulan lalu. Itu yang paling lambat sejak kuartal kedua 2013.

Namun pertumbuhan melambat. Produksi industri dan pesanan untuk barang-barang manufaktur tahan lama menurun pada bulan April karena bisnis menempatkan lebih sedikit pesanan di pabrik-pabrik sambil bekerja di luar persediaan. Penjualan ritel juga lemah bulan lalu dan pasar perumahan terus berjuang.

Moderasi dalam pertumbuhan sebagian besar mencerminkan stimulus memudar dari pemotongan pajak yang besar dan kuat dari pemerintahan Trump tahun lalu. Perang dagang antara Amerika Serikat dan China juga terlihat menekan perekonomian.

Ukuran alternatif pertumbuhan ekonomi, pendapatan domestik bruto (GDI), meningkat pada tingkat 1,4% pada kuartal pertama, dibandingkan dengan laju 0,5% kuartal keempat.

Rata-rata PDB dan GDI, juga disebut sebagai output domestik bruto dan dianggap sebagai ukuran yang lebih baik dari kegiatan ekonomi, meningkat pada tingkat 2,2% pada periode Januari-Maret, naik dari laju pertumbuhan 1,3% pada kuartal keempat.

Pertumbuhan ekspor pada kuartal pertama direvisi hingga tingkat 4,8%, melebihi peningkatan impor. Akibatnya, perdagangan menambahkan 0,96 poin persentase ke PDB daripada 1,03 poin persentase yang diperkirakan bulan lalu. Ketegangan perdagangan antara Amerika Serikat dan China telah menyebabkan defisit perdagangan, dengan eksportir dan importir berusaha untuk tetap di depan dari pertarungan tarif antara kedua raksasa ekonomi.

Kebuntuan juga berdampak pada persediaan. Pertumbuhan inventaris direvisi turun ke tingkat $ 125,5 miliar di kuartal pertama dari laju yang sebelumnya diperkirakan $ 128,4 miliar.

Bagian dari inventaris adalah karena lemahnya permintaan, terutama di sektor otomotif, yang membebani produksi di pabrik. Persediaan menyumbang 0,60 poin persentase ke PDB kuartal pertama, daripada 0,65 poin persentase yang dilaporkan bulan lalu.

Pertumbuhan pembelanjaan konsumen, yang menyumbang lebih dari dua pertiga aktivitas ekonomi A.S., direvisi hingga tingkat 1,3%. Pengeluaran konsumen sebelumnya dilaporkan telah meningkat pada kecepatan 1,2% pada kuartal pertama.

Pengeluaran bisnis untuk peralatan turun pada kecepatan 1,0% alih-alih naik pada tingkat 0,2%. Itu adalah yang terlemah sejak kuartal pertama 2016. Investasi pemerintah meningkat pada tingkat 2,5%. Sebelumnya dilaporkan telah meningkat pada tingkat 2,4%.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here