Bursa Eropa Selasa Lanjutkan Kekuatan Awal Pekan

629

(Vibiznews – Index) –  Perdagangan bursa saham Eropa yang dibuka lemah pada  hari Selasa (04/06) berhasil rally kembali melanjutkan trend perdagangan sebelumnya yang berhasil cetak untung. Namun investor terus mengikuti ketegangan perdagangan yang sedang berlangsung terlihat di seluruh dunia.

Indeks Pan-European Stoxx 600 yang  turun 0,5 persen di awal perdagangan bangkit kembali dengan kenaikan 0,30 persen yang disupport oleh kenaikan saham-saham otomotif menguat 0,5%. Indeks DAX Jerman naik 0,88% sementara indeks CAC Prancis menguat 0,12% dan FTSE Inggris mendaki 0,18 %.

Gejolak perdagangan terus mendominasi sentimen investor, karena investor menunggu berita baru tentang berbagai diskusi perdagangan yang ketat. Setelah minggu lalu  ketika Presiden AS Donald Trump mengancam akan mengenakan tarif 5 persen pada semua impor Meksiko.

Kunjungan Presiden Trump dan ibu negara Melania Trump di Inggris memberikan khabar baik negara yang berencana keluar dari UE, dimana dalam cuitan twitternya   mengisyaratkan bahwa kesepakatan dagang besar  dapat dilakukan dengan Inggris di masa yang akan datang.

Sebagai informasi, perdagangan bursa Eropa hari sebelumnya berakhir lebih tinggi setelah sesi volatile. Indeks Pan-European Stoxx 600 berakhir kuat 0,39%. Bursa Prancis dan Jerman berakhir terutama lebih tinggi, dengan CAC 40 dan DAX masing-masing naik 0,65% dan 0,56%. FTSE 100 di Inggris naik 0,32% .

 

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting  
Editor: Asido Situmorang 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here