BOE Pangkas Proyeksi Pertumbuhan Inggris Menyikapi Kekhawatiran Brexit

1149

(Vibiznews – Economy & Business) Bank of England memangkas proyeksi pertumbuhan Inggris pada hari Kamis (01/08) dalam menghadapi meningkatnya kekhawatiran Brexit dan ekonomi global yang melambat, tetapi tidak memberikan indikasi untuk penurunan suku bunga seperti bank sentral lainnya.

Sehari setelah Federal Reserve AS memangkas suku bunga untuk pertama kalinya sejak krisis keuangan global, BoE mengatakan masih diperkirakan akan menaikkan suku bunga secara bertahap – meskipun ini sekarang bergantung pada kenaikan global serta Brexit yang lancar.

Pembuat kebijakan BoE memberikan suara 9-0 untuk menjaga suku bunga tidak berubah pada 0,75%, seperti yang diperkirakan dalam jajak pendapat para ekonom Reuters, dan mengatakan suku bunga dapat bergerak dengan cara baik, apa pun bentuk yang diambil Brexit.

Dengan Perdana Menteri baru Boris Johnson berkomitmen untuk membawa Inggris keluar dari Uni Eropa pada 31 Oktober, pasar melihat peningkatan risiko Brexit yang kacau dan tidak ada kesepakatan.

BoE mengatakan ini telah menyebabkan penyusutan nilai tukar sterling yang nyata, yang mendekati level terendah tiga tahun terhadap sekeranjang mata uang utama lainnya, dan bahwa pada pertengahan Juli, ketidakpastian bisnis tentang Brexit telah menjadi lebih banyak.

Proyeksi BoE mengasumsikan Inggris menghindari kejutan Brexit, tetapi masih memperkirakan pertumbuhan 1,3% untuk 2019 dan 2020, turun dari masing-masing 1,5% dan 1,6% dalam perkiraan terakhir pada Mei.

Ini membuat pertumbuhan ekonomi Inggris secara kasar sejalan dengan pertumbuhan zona Eropa, yang dimana Inggris biasanya secara teratur mengungguli sebelum keputusan referendum Juni 2016 untuk meninggalkan Uni Eropa.

Sebelum pengumuman hari Kamis, harga pasar dalam peluang hampir 90% bahwa BoE akan menurunkan suku bunga sebesar 25 basis poin sebelum Gubernur Mark Carney turun pada akhir Januari.

Sebagian besar, ini mencerminkan risiko melonggarnya kebijakan BoE yang signifikan jika ada Brexit yang tidak sepakat, yang oleh para ekonom yang disurvei oleh Reuters secara rata-rata memberi peluang 30% bulan lalu.

Perkiraan BoE yang diperbarui menunjukkan bank sentral memperkirakan inflasi – saat ini tepat sasaran pada 2% – untuk melampaui targetnya dalam waktu dua dan tiga tahun, dan dengan selisih yang lebih besar dari yang diperkirakan pada bulan Mei.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here