Bursa Eropa Ceria Kembali Karena Data Jerman dan Penguatan Yuan

538

(Vibiznews – Index) – Perdagangan bursa saham  Eropa hari Selasa (06/08)  dibuka rebound setelah China memperbaiki mata uang menjadi  lebih kuat dari yang diharapkan terhadap dolar AS. Selain itu ada juga keceriaan di rilis data ekonomi, dimana data Pesanan pabrik Jerman rebound pada kecepatan yang lebih cepat dari yang diharapkan pada bulan Juni.

Destatis laporkan Pesanan pabrik tumbuh 2,5 persen bulan ke bulan di bulan Juni, membalikkan penurunan 2 persen di bulan Mei. Laju pertumbuhan juga melampaui tingkat yang diharapkan 0,5 persen.

Indeks pan Stoxx 600 Eropa naik 0,4 persen pada 370,86 setelah menyerah 2,3 persen pada perdagangan sebelumnya. Indeks DAX Jerman naik setengah persen dan indeks CAC 40 Prancis naik 0,7 persen sementara FTSE 100 dari Inggris sedikit berubah dengan bias positif.

Saham Sports Direct International menguat 2,1 persen setelah Kelompok ritel Inggris  ini mengatakan bahwa mereka telah mengakuisisi bisnis dan aset pengecer pakaian Jack Wills dari Jack Wills Limited. Demikian saham Grup industri Rotork melonjak lebih dari 8 persen meskipun perusahaan memangkas proyeksi penjualan 2019.

Saham Metro AG merosot 6,6 persen setelah perusahaan  kendaraan investasi miliarder Daniel Daniel Kretinsky membantah laporan media yang sedang mengeksplorasi peningkatan tawaran pengambilalihan untuk pengecer dan grosir Jerman.

Saham raksasa pos Deutsche Post naik 4,6 persen setelah perusahaan melaporkan menaikkan perkiraan laba 2019. Demikian juga saham Grup konten, media, dan komunikasi Vivendi SA naik hampir 7 persen karena mengatakan pihaknya telah melakukan negosiasi awal dengan Tencent Holdings Limited terkait kepemilikan saham di Universal Music Group.

Saham Rolls Royce Holdings turun 1,5 persen karena perusahaan laporkan membukukan kerugian sebelum pajak 791 juta pound untuk setengah tahun yang berakhir 30 Juni 2019.

 

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting  
Editor: Asido Situmorang 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here