Bursa Wall Street Rebound Seiring Meredanya Perang Mata Uang AS-China

987
wall street

(Vibiznews – Index) Bursa Saham AS rebound pada hari Selasa (06/08) setelah bank sentral China menginginkan mata uang Yuan diperdagangkan pada tingkat yang lebih tinggi, mengurangi ketegangan tentang negara menggunakan mata uangnya sebagai senjata dalam perang perdagangan. Lonjakan terjadi setelah Wall Street melihat hari perdagangan terburuk 2019 di sesi sebelumnya.

Indeks Dow Jones Industrial Average diperdagangkan 220 poin lebih tinggi, lebih dari 0,8%. Indeks S&P 500 naik 1% sementara indeks Nasdaq naik 1,4%.

Bank sentral China menetapkan titik referensi resmi yuan lebih kuat daripada titik kunci 7 yuan terhadap dolar pada hari Selasa. Langkah ini menenangkan pasar mata uang, yang awalnya diguncang oleh kekhawatiran perang dagang AS-Tiongkok beralih ke perang mata uang.

Saham perusahaan yang prospek masa depannya menggantung di keseimbangan karena perang perdagangan menyebabkan rebound di awal perdagangan. Caterpillar, Apple dan Micron semuanya diperdagangkan lebih tinggi. Ford naik 2,1% setelah upgrade oleh Morgan Stanley.

Pasar ekuitas A.S. melihat hari perdagangan terburuk mereka pada tahun 2019 pada hari Senin. Dow turun 767 poin sementara S&P 500 turun hampir 3%. Nasdaq jatuh lebih dari 3% pada hari Senin.

Aksi jual dimulai minggu lalu ketika Presiden AS Donald Trump mengumumkan tarif baru untuk barang-barang Cina. Namun, reaksi pasar menjadi lebih negatif ketika otoritas China membiarkan yuan menembus ke level terendah terhadap dolar dalam lebih dari 10 tahun pada hari Senin.

Juga pada hari Senin, Departemen Keuangan menunjuk China sebagai manipulator mata uang, sebuah langkah yang belum terlihat sejak pemerintahan Clinton. Sebelumnya, Trump menyatakan di Twitter pendapatnya tentang pergerakan mata uang.

China juga mengkonfirmasi laporan sebelumnya bahwa mereka menangguhkan pembelian produk pertanian A.S. Perang perdagangan AS-Tiongkok telah berlangsung sejak tahun lalu, meredupkan sentimen dan prospek keuntungan perusahaan dan pertumbuhan ekonomi.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Wall Street berpotensi positif dengan meredanya ketegangan perang mata uang AS-China. Namun juga akan mencermati sentimen terkait perang dagang AS-China yang saat ini masih meruncing. Jika ketegangan terus meningkat akan menekan bursa dan sebaliknya.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here