Bursa Eropa Bergerak Mixed; Data Bisnis Jerman Beri Dukungan

872

(Vibiznews – Index) Pasar Saham Eropa bergerak mixed pada hari Selasa (24/09) mencerna perkembangan perdagangan AS-China dan positifnya data bisnis Jerman.

Indeks Stoxx 600 Eropa menyerah beberapa langkah awal untuk diperdagangkan 0,1% lebih tinggi pada sore hari, dengan saham perjalanan dan liburan menambahkan 1,1% untuk memimpin kenaikan sementara mobil dan sumber daya dasar masing-masing turun 1%.

Indeks FTSE turun 0.34%. Indeks DAX naik 0.02%. Indeks CAC menguat 0.20%.

Dalam kasus penting pada hari Selasa, pengadilan tertinggi Inggris memutuskan bahwa penangguhan parlemen Perdana Menteri Boris Johnson selama lima minggu hingga 14 Oktober adalah melanggar hukum.

Mahkamah Agung juga memutuskan bahwa prorogasi parlemen adalah batal demi hukum dan mengatakan para pembicara dari kedua majelis parlemen sekarang harus memutuskan apa yang harus dilakukan selanjutnya. Ketua Dewan Perwakilan Rakyat John Bercow mengatakan kepada wartawan tak lama setelah itu bahwa anggota parlemen akan kembali ke parlemen pada hari Rabu.

Memasuki sesi hari Selasa, para pedagang sebagian besar berfokus pada berita di sekitar perang perdagangan AS-China. Menteri Keuangan Steven Mnuchin mengatakan pada hari Senin bahwa pembicaraan antara Washington dan Beijing akan dilanjutkan dalam dua minggu mendatang.

Dalam berita perusahaan, pembuat bir Belgia Anheuser-Busch InBev memberi harga penawaran umum perdana untuk bisnis Asia di HK $ 27 per saham, demikian rilis CNBC. Langkah itu berarti perusahaan akan mengumpulkan hingga $ 5 miliar dalam float.

Sementara itu jaksa penuntut Jerman menuduh CEO Volkswagen Herbert Diess, mantan CEO Martin Winterkorn dan Ketua Hans Dieter Poetsch dengan manipulasi pasar saham terkait dengan skandal kecurangan emisi pembuat mobil.

Di depan data, indeks iklim bisnis Ifo Jerman menawarkan sedikit perbaikan pada Selasa pagi, naik menjadi 94,6 poin dari 94,3 poin pada Agustus. Namun, ekspektasi perusahaan turun menjadi 90,8 poin dari 91,3 poin pada Agustus, mencapai level terendah sejak Juni 2009.

Pemenang terbesar di Stoxx 600 adalah perusahaan teknologi bahan Belgia Umicore, yang naik 7,4% setelah mengumumkan kesepakatan pasokan dengan LG Chem.

Saham Tui naik 5,5% dengan perusahaan perjalanan diharapkan mendapat manfaat dari matinya saingannya Thomas Cook pada hari Senin.

Di ujung lain dari indeks blue chip Eropa, manajer aset Investec turun 5,3% di tengah kondisi pasar yang menantang dan penurunan laba yang diantisipasi untuk enam bulan hingga akhir September.

Saham K + S turun 3,7% setelah perusahaan kimia Jerman mengeluarkan peringatan laba pada hari Senin, mendorong berbagai broker untuk memotong target harga mereka untuk saham.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan bergerak positif terbantu positifnya data iklim bisnis Jerman. Namun perkembangan Brexit yang tidak menentu dapat memberikan tekanan ke bawah bagi bursa Eropa.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here