Bursa Asia Akhir Pekan Mixed; Bursa Hong Kong Jatuh Pasca Larangan Masker Wajah

1293

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Asia berakhir mixed pada Jumat (04/10). Indeks Hang Seng jatuh setelah pemimpin Hong Kong Carrie Lam mengumumkan larangan masker wajah efektif 5 Oktober terkait gelombang protes pro-demokrasi di negara tersebut.

Indeks Hang Seng turun 1,11% menjadi ditutup pada 25.821,03. Saham operator sistem kereta api umum MTR, yang infrastrukturnya rusak di tengah kerusuhan di kota itu, turun 1,91%.

Dalam sebuah konferensi pers, Lam mengatakan larangan masker wajah itu diperlukan karena hampir semua pemrotes yang melakukan perusakan dan kekerasan menutupi wajah mereka.

Di tempat lain di Asia, pergerakan saham di pasar utama lainnya lebih waspada karena investor menunggu rilis data nonfarm payrolls AS untuk bulan September.

Di Jepang, indeks Nikkei 225 pulih dari penurunan sebelumnya menjadi 0,32% lebih tinggi pada 21.410,20, sementara indeks Topix juga membuat perputaran untuk menyelesaikan hari perdagangannya 0,26% lebih tinggi pada 1.572,90.

Indeks Kospi Korea Selatan ditutup 0,55% lebih rendah pada 2.020,69 karena saham Hyundai Motor turun 1,56%.

Indeks ASX 200 Australia naik 0,37% menjadi ditutup pada 6.517,10 karena saham perusahaan bioteknologi CSL melonjak 3,19%. Pergerakan terjadi karena data penjualan ritel Australia untuk Agustus datang di bawah ekspektasi tetapi lebih tinggi dari bulan sebelumnya. Penjualan ritel pada bulan-ke-bulan, penyesuaian musiman naik 0,4% pada Agustus, dibandingkan dengan hasil datar pada Juli dan terhadap ekspektasi kenaikan 0,5% dalam jajak pendapat Reuters.

Pasar di China ditutup pada hari Jumat untuk liburan.

Investor menunggu data nonfarm payrolls AS untuk bulan September, yang akan dirilis hari Jumat di Amerika Serikat.

Awal pekan ini, serangkaian rilis data menakuti pasar dan mengangkat kekhawatiran tentang prospek perlambatan ekonomi di AS.

Bacaan Institute of Supply Management (ISM) di sektor jasa AS turun bulan lalu ke level terlemah sejak Agustus 2016. Sementara itu, aktivitas manufaktur di AS mengalami kontraksi ke level terburuk dalam lebih dari satu dekade, menurut laporan Selasa. Laporan payroll swasta bulan September juga menunjukkan lambatnya perekrutan A.S.

Rilis data datang di tengah perang dagang antara Washington dan Beijing yang telah berkecamuk selama lebih dari satu tahun, dengan kedua kekuatan ekonomi tersebut telah mengenakan tarif barang miliaran dolar untuk barang masing-masing. Delegasi dari AS dan China diperkirakan akan bertemu minggu depan dengan harapan menemukan konsensus.

Harapan untuk pemotongan suku bunga Oktober melonjak menjadi 93,5% dari 77% pada hari Rabu, menurut alat FedWatch CME Group. Terakhir pada 88,2%. The Fed dijadwalkan bertemu pada akhir bulan ini. Bulan lalu, bank sentral memangkas suku bunga untuk kedua kalinya pada 2019.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya bursa Wall Street akan mencermati rilis data Non Farm Payroll AS September malam nanti yang jika terealisir naik akan menguatkan bursa Wall Street dan bursa Asia. Juga akan mencermati perkembangan perang dagang di akhir pekan ini.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here