Bursa Eropa Naik Mencermati Brexit dan Perdagangan AS-China

808

(Vibiznews – Index) Pasar Saham Eropa naik pada Senin (07/10) dimana para pedagang masih mencari petunjuk arah Brexit dan pembicaraan perdagangan AS-China.

Indeks Stoxx 600 Eropa naik 0,4%, dipimpin oleh kenaikan 0,7% untuk saham minyak dan gas sementara media dan jasa keuangan terus tertinggal, masing-masing turun 0,2%.

Indeks FTSE naik 0.33%. Indeks DAX naik 0.15%. Indeks CAC naik 0.24%.

Saham didukung pada Jumat oleh laporan pekerjaan positif dari AS yang meredakan kekhawatiran perlambatan ekonomi terbesar di dunia. Fokus investor sekarang pada perkembangan perdagangan, dengan putaran baru perundingan AS-China yang akan dimulai akhir pekan ini.

Saham Asia diperdagangkan beragam Senin sore karena investor menunggu arahan tentang bagaimana negosiasi kemungkinan akan berlangsung. Bloomberg News melaporkan pada hari Minggu bahwa para pejabat China telah mempersempit ruang lingkup masalah yang ingin mereka diskusikan, dengan Wakil Perdana Menteri Liu He dilaporkan mengatakan kepada pejabat tinggi bahwa Beijing tidak akan melakukan reformasi kebijakan industri atau subsidi pemerintah.

Kembali ke Eropa, Perdana Menteri Inggris Boris Johnson pada hari Minggu mendesak Presiden Prancis Emmanuel Macron untuk mendorong maju untuk mengamankan kesepakatan Brexit dan menegaskan kembali niatnya bagi Inggris untuk meninggalkan Uni Eropa pada 31 Oktober. Macron mengatakan Uni Eropa akan memutuskan pada akhirnya minggu ini apakah kesepakatan akan dimungkinkan berdasarkan proposal terbaru Johnson, yang telah ditolak secara luas di Brussels.

Dalam berita perusahaan, Financial Times melaporkan pada hari Minggu mengutip dua orang memberikan penjelasan tentang masalah bahwa HSBC berencana untuk memotong hingga 10.000 pekerjaan dalam upaya untuk mengurangi biaya.

Pembuat chip Austria AMS mengatakan pada hari Jumat bahwa tawaran pengambilalihan untuk kelompok pencahayaan Jerman Osram telah gagal, gagal memenuhi persyaratan 62,5% yang disyaratkan pemegang saham. Saham Osram Licht turun 3,9% pada sore hari, sementara AMS tergelincir 1,6% lebih rendah.

Di sisi data, pesanan industri Jerman untuk Agustus turun lebih dari yang diperkirakan pada permintaan domestik yang lebih lemah, memperkuat kekhawatiran bahwa kemerosotan manufaktur memimpin ekonomi terbesar Eropa menuju resesi.

Data Sentix zona Eropa, mengukur sentimen investor, turun ke -16.8 di Oktober dari -11.1 di September, mencapai level terendah sejak April 2013.

Dalam hal saham individu, saham Vifor Pharma naik 4,8% selama perdagangan sore untuk memimpin Stoxx 600, diikuti oleh kenaikan 0,6% untuk penyedia data industri energi Norwegia TGS Nopec.

Perusahaan bengkel tukang kayu Inggris, Howden, turun 4,7% ke dasar indeks blue chip Eropa, mencapai level terendah selama lebih dari sebulan.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya bursa Eropa akan mencermati perkembangan negosiasi dagang AS-China, yang jika sentimen positif terus muncul akan menguatkan bursa Eropa dan sebaliknya. Demikian juga jika perkembangan Brexit memberikan sentimen negatif dapat menekan bursa Eropa.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here