Pasar Dunia Digerakkan Resiko Geopolitik Krisis Hong Kong Dan Keraguan Brexit

807

(Vibiznews – Index) – Saham Eropa sedikit lebih rendah seiring dengan indeks ekuitas Amerika berjangka pada hari Rabu karena ketegangan atas Hong Kong meningkat dan investor menunggu gelombang berikutnya dari laporan pendapatan perusahaan-perusahaan besar. Pound melemah karena peluang kesepakatan Brexit yang akan datang tampaknya memudar.

Stoxx Europe 600 memangkas penurunannya, karena kenaikan saham teknologi mengimbangi penurunan penambang. Kontrak pada ketiga alat pengukur utama AS turun sehari setelah indeks S&P 500 ditutup pada level tertinggi dalam hampir empat minggu. Sebelumnya, tolok ukur naik dari mulai bursa saham di Tokyo, Seoul sampai ke Sydney, meskipun sebagian besar alat pengukur memperlihatkan kemajuan setelah China mengancam untuk membalas jika Kongres AS mengeluarkan rancangan undang-undang yang menawarkan dukungan kepada pemrotes pro-demokrasi di Hong Kong. Saham merosot di Shanghai dan yuan melemah. Indeks dolar stabil karena Treasuries dan sebagian besar obligasi inti di Eropa naik.

Harga baja panas di China menurun ke level terendah dalam 11 bulan
Krisis Hong Kong dan keraguan Brexit menggerakkan risiko geopolitik kembali ke garis depan bagi investor setelah pendapatan positif dari perusahaan kelas berat termasuk JPMorgan dan Johnson & Johnson mengangkat semangat pada hari Selasa. Gedung A.S. meloloskan undang-undang untuk meminta tinjauan tahunan apakah Hong Kong cukup otonom dari Beijing untuk membenarkan status perdagangan khusus di bawah hukum Amerika. Di kota itu sendiri, Kepala Eksekutif Carrie Lam mengumumkan inisiatif perumahan yang mendorong persediaan properti dan keuangan.

Bank of America, Netflix, dan IBM adalah di antara perusahaan-perusahaan AS yang dijadwalkan untuk melaporkan Rabu, sementara data penjualan ritel dapat memberikan lebih banyak petunjuk tentang prospek ekonomi terbesar di dunia.

Di tempat lain, saham Turki jatuh dengan obligasi pemerintah setelah AS membawa kasus pidana terhadap salah satu bank terbesar di negara itu, dalam apa yang bisa menjadi eskalasi upaya Washington untuk menegur Ankara atas serangan militernya ke Suriah Utara. Rand Afrika Selatan jatuh ketika perusahaan listrik milik negara mengumumkan babak baru pemadaman bergilir. Minyak mentah di bursa berjangka melayang. Emas berdetak lebih tinggi.

Berikut adalah beberapa acara penting yang akan datang minggu ini:

Penjualan ritel A.S. akan dikeluarkan pada hari Rabu dan diperkirakan akan meningkat selama tujuh bulan berturut-turut. Pengeluaran konsumen membawa beban pertumbuhan ekonomi A.S. sehingga data akan dipantau secara ketat untuk tanda-tanda perlambatan.
China merilis PDB kuartal ketiga, produksi industri untuk bulan September dan data penjualan ritel pada hari Jumat.

Inilah langkah-langkah utama di pasar:

Stok

Indeks Stoxx Europe 600 turun 0,1% pada 6:25 pagi waktu New York.
Futures pada Indeks S&P 500 turun 0,2%.
Indeks FTSE 100 UK menurun 0,2%.
Indeks Dunia Semua Negara MSCI meningkat 0,1%.
MSCI Emerging Market Index naik 0,2%.

Mata uang

Indeks Spot Dollar Bloomberg sedikit berubah.
Euro naik 0,1% menjadi $ 1,104.
Pound Inggris turun 0,3% menjadi $ 1,2753.
Yen Jepang menguat 0,2% menjadi 108,66 per dolar.

Obligasi

Imbal hasil pada obligasi 10-tahun merosot lima basis poin menjadi 1,73%.
Imbal hasil pada obligasi dua-tahun menurun empat basis poin menjadi 1,58%.
Hasil 10-tahun Inggris turun empat basis poin menjadi 0,651%.
Imbal hasil 10-tahun Jerman menurun kurang dari satu basis poin menjadi -0,42%.
Imbal hasil 10-tahun Jepang meningkat satu basis poin menjadi -0,161%.

Komoditas

Minyak mentah West Texas Intermediate naik 0,1% menjadi $ 52,88 per barel.
Emas naik 0,1% menjadi $ 1,482.92 per ounce.
Bijih besi merosot 5,1% menjadi $ 83,41 per metrik ton.

Selasti Panjaitan/Vibiznews
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here