Bursa Eropa Bergerak Mixed Merespon Perkembangan Brexit

990

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Eropa bergerak mixed Rabu (23/10) setelah anggota parlemen Inggris memaksa Perdana Menteri Boris Johnson untuk menghentikan perkembangan kesepakatan Brexit-nya.

Indeks Stoxx 600 Eropa memangkas kerugian awal untuk diperdagangkan hanya turun 0,1% pada pertengahan sore, keuangan memimpin kerugian dengan penurunan 1,2% sementara sumber daya dasar menambahkan 1,2%.

Indeks FTSE naik 0.28%. Indeks DAX flat. Indeks CAC turun 0.37%.

Saham-saham teknologi turun 0,8% di belakang perkiraan pendapatan Texas Instruments yang suram, yang mengutip tantangan terus-menerus dari perang perdagangan AS-China.

Parlemen Inggris kembali seperti biasa setelah anggota parlemen pada Selasa malam memberikan suara pada prinsipnya untuk Perjanjian Penarikan Johnson untuk dilanjutkan melalui parlemen, tetapi menolak rencana perdana menteri untuk membuatnya disetujui dalam waktu tiga hari, yang menawarkan kerangka waktu terbatas bagi anggota parlemen untuk meninjau kembali undang-undang.

Fokus sekarang disesuaikan dengan UE dengan para pemimpin Eropa karena akan memberikan vonis pada apakah akan memberikan perpanjangan waktu hingga 31 Oktober, suatu langkah yang direkomendasikan oleh Presiden Dewan Uni Eropa Donald Tusk, dan untuk berapa lama.

Jika batas waktu diperpanjang hingga 31 Januari, Johnson dapat menjalankan pemilihan umum dalam upaya untuk mengonsolidasikan mandatnya, dengan Partai Konservatif yang berkuasa memimpin dalam pemilihan.

PSA Peugeot Citroen melaporkan kenaikan pendapatan kuartal ketiga sebelum bel pada hari Rabu meskipun prospek suram untuk pasar mobil. Pendapatan naik menjadi 15,58 miliar euro ($ 17,35 miliar) dari 15,43 miliar euro setahun sebelumnya. Pembuat mobil Perancis mengharapkan pasar otomotif menurun 1% di Eropa, 5% di Amerika Latin dan 7% di Cina. Saham perusahaan naik 2,9% pada sore hari.

Pembuat bir Belanda Heineken memangkas proyeksi labanya untuk tahun ini setelah penurunan penjualan kuartal ketiga di Amerika, menyebabkan sahamnya turun 2,4%.

AkzoNobel melihat laba intinya melonjak 23% pada kuartal ketiga dan mengumumkan pembelian kembali saham 500 juta euro ($ 556 juta), memimpin saham 2,6% lebih tinggi.

Saham Pandora melonjak 14,3% untuk memimpin Stoxx 600 setelah Carnegie meningkatkan saham toko perhiasan Denmark menjadi “tahan” dari “jual”, menurut Reuters.

Saham Hydro dan Novozymes masing-masing melonjak 3,5% dan 5% setelah laba kuartal ketiga, sementara M&G memulai dengan awal yang kuat setelah spin-off dari Prudential. Saham manajer investasi naik 4,6% dengan J.P. Morgan dan Barclays memprakarsai cakupan dengan peringkat “kelebihan berat badan” dan Deutsche Bank memulai pada “beli.”

Kelompok jasa keuangan Norwegia Storebrand naik 6,1% setelah hasil kuartal ketiga yang kuat, sementara perusahaan asuransi senegaranya Gjensidige Forsikring mengalami nasib yang kontras setelah laporan pendapatannya, meluncur 6,2%.

Saham Swedbank turun 6,3% setelah laba kuartal ketiga terpukul keras oleh biaya berurusan dengan dampak dari keterlibatannya dalam skandal pencucian uang Rusia skala besar.

Di bagian bawah indeks blue chip Eropa, saham Carl Zeiss Meditec jatuh 10,7% setelah EBIT kuartal ketiga (laba sebelum bunga dan pajak) jatuh jauh dari panduan terbaru.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan mencermati perkembangan Brexit, juga mencermati pergerakan bursa Wall Street.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here