Pasar Asia Bergerak Maju Didukung Laporan Emiten Yang Positip

638

(Vibiznews – Index) – Saham Asia bergerak maju pada hari Kamis dengan pendapatan perusahaan yang menggerakkan perdagangan karena investor tetap cemas tentang dampak bisnis dari perang perdagangan China-AS sementara ketidakpastian Brexit membuat sentimen keseluruhan terkendali.

Indeks MSCI untuk saham Asia Pasifik di luar Jepang naik 0,2% dengan Nikkei Jepang naik 0,5% pada level tertinggi satu tahun. Saham Australia naik 0,5% sementara KOSPI Korea Selatan naik 0,4% lebih tinggi.

Korea Selatan sebelumnya melaporkan pertumbuhan kuartal ketiga sedikit di bawah ekspektasi, meskipun ekspor menunjukkan tanda-tanda pemulihan, sementara survei swasta menunjukkan aktivitas pabrik Jepang menyusut pada laju tercepat dalam lebih dari tiga tahun pada Oktober, dirugikan oleh perlambatan permintaan global dan gesekan perdagangan.

Di Wall Street semalam, Dow dan Nasdaq masing-masing menambahkan 0,2% sementara S&P 500 naik 0,3%.

Saham Telsa melonjak 21% dalam perdagangan setelah laporan laba kuartal ketiga yang mengejutkan.

Microsoft juga membukukan angka laba dan pendapatan yang mengalahkan perkiraan setelah bel penutupan bursa meskipun prospeknya ditekan oleh data penjualan yang lebih lambat dari yang diperkirakan pada layanan cloud Azure-nya.

Sebelumnya, saham industri utama AS Boeing Co dan Caterpillar Inc masing-masing berakhir sekitar 1% lebih tinggi meskipun pendapatannya meleset.

Ekonom kepala pasar RBC Capital Markets, Tom Porcelli, menunjuk pada berita utama yang secara konsisten mengkhawatirkan sejak kuartal pertama tahun 2018 yang menunjukkan pendapatan Caterpillar yang buruk berarti resesi sudah hampir selesai, meskipun hal itu belum terjadi.

Sejauh ini, hasil dari sekitar 125 perusahaan S&P500 keluar dengan analis memperkirakan pendapatan telah turun 2,9% tahun-ke-tahun, menurut data IBES dari Refinitiv.

Risk appetite juga dibantu oleh gencatan senjata di Suriah utara yang mengakibatkan dicabutnya sanksi AS terhadap Turki.

Kemudian pada hari itu, angka manufaktur Eropa dan AS akan jatuh tempo sementara Bank Sentral Eropa bertemu, tanpa perubahan kebijakan yang diharapkan pada pertemuan terakhir Presiden Mario Draghi. Draghi akan digantikan oleh Christine Lagarde.

Aktivitas di pasar mata uang agak diredam. Sterling berhenti di $ 1,2918 setelah naik 0,3% pada hari Rabu dengan fokus Brexit.

Inggris tampak lebih dekat dari sebelumnya untuk menyelesaikan teka-teki Brexit 3-1 / 2-tahun tetapi masih ada rintangan untuk dihapus.

Negara-negara anggota Uni Eropa pada hari Rabu menunda keputusan apakah akan memberi Inggris perpanjangan Brexit selama tiga bulan. Perdana Menteri Boris Johnson mengatakan jika batas waktu ditunda hingga akhir Januari, ia akan mengadakan pemilihan.

Mata uang tunggal euro bergerak datar di $ 1,1135. Yen Jepang sedikit lebih tinggi pada 108,62 per dolar sementara dolar Australia hampir tidak berubah pada $ 0,6852.

Selasti Panjaitan/Vibiznews
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here