Bursa Asia Awal November Dominan Positif

1361

(Vibiznews – Index) Bursa Saham di Asia sebagian besar menguat pada hari pertama November di tengah kekhawatiran baru atas potensi kesepakatan perdagangan jangka panjang antara China dan AS.

Sebuah survei swasta atas aktivitas pabrik di China menunjukkan aktivitas manufaktur di negara itu berkembang lebih dari yang diperkirakan pada bulan Oktober.
Investor mengawasi perkembangan perdagangan AS-Cina di tengah kegelisahan baru setelah Bloomberg News melaporkan pada hari Kamis, mengutip sumber yang tidak disebutkan namanya, bahwa para pejabat Cina telah meragukan kemungkinan kesepakatan perdagangan jangka panjang dengan AS.

Saham China Daratan naik pada penutupan. Indeks Shanghai naik 0,99% menjadi sekitar 2.958,20 dan indeks Shenzhen juga menambahkan 1,288% menjadi sekitar 1,637.00.

Sebuah survei pribadi atas aktivitas pabrik di China menunjukkan aktivitas manufaktur di negara itu meluas lebih dari yang diharapkan pada bulan Oktober. Indeks Manajer Pembelian Caixin / Markit (PMI) untuk sektor manufaktur berada di 51,7, di atas ekspektasi 51,0 oleh analis dalam jajak pendapat Reuters. Level 50 dalam pembacaan PMI memisahkan ekspansi dari kontraksi.

Sehari sebelumnya, data resmi menunjukkan aktivitas manufaktur di China menyusut untuk bulan keenam berturut-turut pada bulan Oktober. Survei PMI resmi biasanya mensurvei sebagian besar bisnis besar dan perusahaan milik negara. Indikator Caixin menampilkan perpaduan yang lebih besar antara perusahaan kecil dan menengah.

Di Hong Kong indeks Hang Seng naik 0,72% pada 27100.76, dengan ESR Cayman melonjak dalam debut publik perusahaan pada hari Jumat. Saham telah melonjak 7% di pagi hari.

Sementara itu, indeks Kospi Korea Selatan naik 0,8% menjadi ditutup pada 2.100,20.

Indeks ASX 200 di Australia pulih dari pelemahan sebelumnya menyelesaikan hari perdagangannya sedikit lebih tinggi di 6.669,10.

Indeks Nikkei 225 Jepang melemah karena tergelincir 0,33% menjadi ditutup pada 22.850,77, sementara indeks Topix mengakhiri hari perdagangan sebagian besar datar di 1,666.50. Saham perusahaan game Nintendo melonjak 7,46%, setelah perusahaan pada Kamis mengumumkan laba kuartal kedua yang melebihi harapan.

Investor mengamati perkembangan perdagangan AS-Cina di tengah kegelisahan baru setelah Bloomberg News melaporkan Kamis, mengutip sumber-sumber, bahwa para pejabat Cina telah meragukan kemungkinan kesepakatan perdagangan jangka panjang dengan AS. Laporan itu menambahkan pejabat Cina khawatir tentang AS. “Sifat impulsif” Presiden Donald Trump dan risiko dia mundur dari segala jenis kesepakatan.

Perkembangan itu datang di tengah optimisme baru-baru ini untuk kesepakatan “fase satu” yang akan ditandatangani antara dua kekuatan ekonomi segera. Kesepakatan itu semula diharapkan akan ditandatangani pada pertemuan puncak November di Chili, suatu peristiwa yang sejak itu dibatalkan oleh negara itu karena protes anti-pemerintah yang sedang berlangsung.

Untuk bagiannya, Presiden AS Donald Trump mengatakan Kamis lokasi baru untuk menandatangani “fase satu” kesepakatan perdagangan dengan China “akan segera diumumkan.”

Beijing dan Washington telah terlibat dalam perang dagang sejak tahun 2018, dengan tarif telah ditukar dengan barang satu sama lain bernilai miliaran dolar.

Laporan pekerjaan Oktober untuk AS dijadwalkan keluar Jumat di Amerika Serikat, dan diperkirakan akan sangat lemah karena pemogokan di General Motors. Ekonom memperkirakan bahwa hanya 75.000 pekerjaan diciptakan pada bulan Oktober, dan tingkat pengangguran diperkirakan sedikit naik menjadi 3,6% dari 3,5%, menurut Dow Jones.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Asia akan mencermati data Non Farm Payroll AS yang akan dirilis malam ini, jika terealisir lemah akan menekan bursa Asia. Juga akan mencermati perkembangan negosiasi dagang AS-China di akhir pekan ini.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here