Pasar Asia Pasifik Naik Pada Perdagangan Pagi Ini Didorong Optimisme Front Dagang AS-China

579

(Vibiznews – Index) – Saham-saham di Asia Pasifik naik pada perdagangan Senin pagi di tengah optimisme pada front perdagangan AS-China.

Saham China Daratan naik di awal perdagangan, dengan komposit Shanghai naik 0,28% dan komponen Shenzhen naik 0,62%. Komposit Shenzhen juga maju 0,564%. Di Hong Kong, indeks Hang Seng melonjak 1,18% karena saham perusahaan asuransi jiwa AIA melonjak lebih dari 2%. Di tempat lain, Kospi Korea Selatan naik 1,33%, dengan saham pembuat chip SK Hynix melonjak 2,17%.

Di Australia, S & P / ASX 200 naik 0,5%, dengan hampir semua sektor di wilayah positif. Namun, subindex keuangan yang sangat tertekan, turun sekitar 0,6%. Perdagangan saham Westpac dihentikan pada hari Senin setelah bank mengumumkan peluncuran peningkatan modal setelah 16% terjun dalam laba bersih wajib untuk tahun penuh 2019.

Data penjualan ritel September dari Australian Bureau of Statistics pada hari Senin menunjukkan penjualan ritel naik 0,2% dalam sebulan, kehilangan harapan kenaikan 0,5% oleh analis dalam jajak pendapat Reuters.

Secara keseluruhan, indeks MSCI Asia ex-Jepang diperdagangkan 0,83% lebih tinggi.

Pasar di Jepang tutup pada hari Senin untuk liburan.

Investor mengawasi perkembangan di front perdagangan AS-China di tengah perkembangan positif baru-baru ini. Sekretaris Perdagangan A.S. Wilbur Ross mengatakan pada hari Minggu bahwa lisensi untuk perusahaan-perusahaan Amerika untuk dijual kepada raksasa telekomunikasi China Huawei akan diberikan label “sangat segera.”

Awal tahun ini, Huawei ditempatkan bersama dengan selusin perusahaan China lainnya kedalam daftar entitas Departemen Perdagangan atas dugaan masalah keamanan nasional.

Ross juga memberikan rincian lebih lanjut tentang status kesepakatan yang diharapkan akan ditandatangani antara Presiden AS Donald Trump dan Presiden Tiongkok Xi Jinping. Ross mengatakan perjanjian itu dapat dicapai oleh dua pemimpin di salah satu dari beberapa lokasi, termasuk Iowa, Alaska, Hawaii atau di suatu tempat di Cina.

Kesepakatan awalnya diantisipasi untuk ditandatangani pada KTT Kerjasama Ekonomi Asia-Pasifik bulan ini di Chili, sebuah peristiwa yang sejak saat itu dibatalkan karena gelombang protes di negara itu.

Bulan lalu, AS dan China sepakat untuk menyelesaikan tahap pertama dari perjanjian perdagangan, yang mencakup jeda dalam kenaikan tarif dan China membeli produk pertanian AS.

Namun, satu ahli strategi terdengar hati-hati pada prospek perdagangan AS-China.

Sementara itu, saham-saham di Wall Street melonjak Jumat lalu, dengan S&P 500 mencapai rekor penutupan baru karena naik 1% menjadi 3.066,91. Nasdaq Composite juga mencapai tertinggi sepanjang masa, menambahkan 1,1% menjadi 8.386,40. Dow Jones Industrial Average ditutup 301,13 poin lebih tinggi menjadi 27.347,36.

Pergerakan di Amerika Serikat mengikuti data pekerjaan AS yang jauh lebih kuat dari yang diperkirakan. Ekonomi AS menambah 128.000 pekerjaan pada Oktober, Departemen Tenaga Kerja mengatakan Jumat – meskipun ada penurunan 42.000 pekerjaan di sektor otomotif karena pemogokan General Motors yang kini telah diselesaikan. Ekonom yang disurvei oleh Dow Jones memperkirakan kenaikan 75.000 pekerjaan.

Mata uang dan minyak:
Indeks dolar AS, yang melacak greenback terhadap sekeranjang rekan-rekannya, berada di 97.232 menyusul penurunan dari tertinggi di atas 97,8 yang terlihat pekan lalu.

Yen Jepang diperdagangkan pada 108,20 melawan dolar setelah melihat posisi terendah di atas 109 pada minggu sebelumnya. Dolar Australia berpindah tangan pada $ 0,6912 setelah naik dari level di bawah $ 0,684 minggu lalu.

Harga minyak tergelincir di pagi hari jam perdagangan Asia, dengan patokan minyak mentah berjangka internasional Brent 0,57% lebih rendah pada $ 61,34 per barel. Minyak mentah berjangka AS juga turun 0,53% menjadi $ 55,90 per barel.

Selasti Panjaitan/Vibiznews
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here