Pasar Asia Berusaha Bangkit, Situasi Hong Kong Masih Dipantau

562

(Vibiznews – Index) – Saham-saham di Asia berjuang untuk berbalik arah dari penurunan kemarin dalam perdagangan Selasa pagi di tengah kekhawatiran atas keadaan negosiasi perdagangan AS-China serta meningkatnya kekerasan baru-baru ini dalam protes yang sedang berlangsung di Hong Kong.

Nikkei 225 Jepang 0,1% dalam perdagangan pagi sedangkan indeks Topix turun lebih dari 0,2%. Saham Automaker Nissan Motor sebagian besar datar menjelang rilis yang diharapkan dari laporan pendapatan kuartalan pada hari Selasa.

Sementara itu, pergerakan pasar di Hong Kong terus dipantau, karena indeks Hang Seng naik 0,3% dengan saham perusahaan asuransi jiwa AIA menguat lebih dari 1%.

Pergerakan itu terjadi setelah indeks Hang Seng anjlok lebih dari 2,5% pada hari Senin menyusul meningkatnya kekerasan di tengah kerusuhan di kota yang diperangi. Seorang pengunjuk rasa ditinggalkan dalam kondisi kritis setelah ditembak oleh polisi Senin pagi waktu setempat. Secara terpisah, seorang pria lain juga berada dalam kondisi kritis setelah ia disiram dengan apa yang oleh polisi digambarkan sebagai “cairan yang mudah terbakar” dan dibakar.

Saham China Daratan bervariasi pada awal perdagangan karena komponen Shenzhen turun 0,23% dan komposit Shenzhen turun 0,1%. Komposit Shanghai sebagian besar bergerak datar.

Kospi di Korea Selatan sedikit lebih tinggi sementara S & P / ASX 200 Australia diperdagangkan 0,61% lebih rendah karena saham Westpac turun 4%.

Secara keseluruhan, indeks MSCI Asia ex-Jepang diperdagangkan 0,06% lebih tinggi.

Investor mencari perkembangan pada perdagangan AS-China, di tengah ketidakpastian atas apa yang telah disepakati antara kedua kekuatan ekonomi tersebut. Presiden A.S. Donald Trump mengatakan pada hari Jumat bahwa dia tidak setuju untuk menurunkan tarif atas barang-barang dari Tiongkok. Itu bertentangan dengan komentar dari kementerian perdagangan China, yang mengatakan kedua belah pihak sepakat untuk membatalkan pungutan yang ada secara bertahap. Seorang pejabat A.S. juga mengatakan kedua belah pihak sepakat untuk menurunkan tarif secara bertahap.

Semalam di Wall Street, Dow Jones Industrial Average menambah rekor penutupan, menambahkan 10,25 poin menjadi 27.691,49. S&P 500 mengakhiri kemenangan beruntun tiga hari, turun 0,2% menjadi 3.087,01. Nasdaq Composite turun 0,1% menjadi ditutup pada 8.464,28.

Indeks dolar AS, yang melacak greenback terhadap sekeranjang rekan-rekannya, terakhir di 98,237 setelah melihat level di atas 98,3 kemarin.

Yen Jepang, secara luas dipandang sebagai mata uang safe-haven di saat ketidakpastian pasar dan gejolak, diperdagangkan pada 109,16 setelah menguat dari level di sekitar 109,2 kemarin. Dolar Australia berpindah tangan pada $ 0,6845 setelah tergelincir dari level sekitar $ 0,686 di sesi sebelumnya.

Harga minyak turun di pagi hari jam perdagangan Asia, dengan patokan internasional berjangka minyak mentah Brent turun 0,18% menjadi $ 62,07 per barel dan minyak mentah AS jatuh 0,26% menjadi $ 56,71 per barel.

Selasti Panjaitan/Vibiznews
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here