OECD : Pertumbuhan Investasi dan Perdagangan Bergantung Kesepakatan AS-China

656

(Vibiznews – Economy & Business) Pertumbuhan Investasi dan perdagangan saat ini bergantung pada kesepakatan antara AS dan China, sekretaris jenderal Organisasi untuk Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan (OECD) Angel Gurria mengatakan Rabu (13/11) seperti yang dilansir CNBC.

Gurria mengatakan tingkat pertumbuhan perdagangan telah turun dari 5,5% pada tahun 2017 pada dasarnya datar. Juga Investasi, akibat konsekuensi karena ketidakpastian, berubah dari pertumbuhan 5% menjadi sekitar 1% sekarang dan semakin melambat.

Pada bulan September, OECD memangkas perkiraan pertumbuhan globalnya, memprediksikan bahwa ekonomi global akan melihat pertumbuhannya yang terlemah pada tahun 2019, memperkirakan pertumbuhan sebesar 2,9%, sejak krisis keuangan tahun 2008-2009. Ia memperkirakan pertumbuhan 3% pada tahun 2020.

Perkiraan turun dari prospek Mei ketika memprediksikan ekonomi global akan tumbuh 3,2% tahun ini dan 3,4% pada tahun 2020.

Gurria mengatakan jika terus mengambil keputusan sejalan dengan lebih banyak proteksionisme atau lebih banyak masalah dengan perdagangan dan lainnya, dan jika ada lebih banyak ketegangan, maka konsekuensinya bisa lebih buruk.

Kemudian, dalam “Outlook Ekonomi Sementaranya,” organisasi itu memperingatkan bahwa “ekonomi global telah menjadi semakin rapuh dan tidak pasti, dengan pertumbuhan melambat dan risiko penurunan terus meningkat.” Dikatakan prospek ekonomi melemah untuk kedua negara maju dan berkembang, “dan pertumbuhan global bisa terjebak pada level rendah yang terus-menerus tanpa tindakan kebijakan yang tegas dari pemerintah. ”

Prakiraan pertumbuhan global saat ini sebagian besar tergantung pada hasil pembicaraan perdagangan antara AS dan China.

Jika kedua belah pihak dapat menyetujui fase pertama dari kesepakatan perdagangan, itu dapat membuat kedua belah pihak menghapus beberapa tarif yang ada dengan nilai miliaran dolar dari impor masing-masing. Jika pembicaraan tidak dapat menghasilkan kesepakatan, baik China maupun AS akan menetapkan tarif yang lebih tinggi pada 15 Desember.

Ekonom dan ahli strategi cenderung setuju bahwa kesepakatan perdagangan akan menjadi permainan pengubah untuk arah negatif positif pertumbuhan global.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here