Pertumbuhan Ekonomi Q3 Jerman Naik, Terhindar Dari Resesi

603

(Vibiznews – Economy & Business) Produk domestik bruto Jerman secara tak terduga naik 0,1 persen pada kuartal September 2019, naik dari negatif 0,2 persen yang direvisi naik pada periode sebelumnya dan mengalahkan ekspektasi pasar dari negatif 0,1 persen. Rebound didukung oleh kenaikan konsumsi rumah tangga, pengeluaran pemerintah dan investasi konstruksi.

Kontribusi positif terutama berasal dari konsumsi, menurut perhitungan sementara. Dibandingkan dengan kuartal kedua, pengeluaran konsumsi akhir rumah tangga dan pengeluaran pemerintah meningkat. Juga pembentukan modal tetap bruto dalam konstruksi naik.

Namun pembentukan modal tetap bruto di mesin dan peralatan, lebih rendah dari pada kuartal sebelumnya. Pada saat yang sama ekspor naik, sementara impor tetap kasar pada tingkat kuartal sebelumnya, menunjukkan bahwa perdagangan bersih memiliki dampak positif pada perekonomian.

Secara tahun ke tahun, ekonomi tumbuh sebesar 0,5 persen yang disesuaikan dengan kalender pada kuartal ketiga, menyusul pertumbuhan 0,3 persen yang direvisi ke bawah pada periode tiga bulan sebelumnya dan perkiraan yang sesuai.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here