Indonesia Berhasil Surplus Perdagangan Bulan Oktober

1121

(Vibiznews – Economy & Business) Indonesia mencatatkan surplus perdagangan pada bulan Oktober sekalipun ekspor mengalami kontraksi dan juga penurunan impor.

Ekspor turun 6,1% dari tahun lalu menjadi $ 14,9 miliar, dibandingkan dengan perkiraan penurunan 8,2% dalam survei ekonom Bloomberg, sementara impor turun 16,4%, penurunan terbesar sejak Mei. Angka tersebut menghasilkan surplus perdagangan $ 161,3 juta, dibandingkan defisit $ 300 juta yang diperkirakan dalam survei.

Bank Indonesia telah memotong suku bunga empat kali tahun ini untuk mendukung ekonomi di tengah perang dagang AS-China dan perlambatan pertumbuhan global. Perkiraan resmi telah dilakukan kembali beberapa kali tahun ini, dengan pemerintah sekarang memproyeksikan produk domestik bruto untuk tumbuh 5,1% untuk semua 2019, dibandingkan dengan perkiraan awal 5,3%.

Saham-saham Indonesia menguat karena berita surplus perdagangan. Jakarta Composite Index naik sebanyak 0,6%, tertinggi dalam lebih dari seminggu.

Penurunan impor minyak dan gas, yang menyebabkan penurunan tajam dalam keseluruhan impor, menunjukkan kebijakan substitusi pemerintah memberikan pengaruh. Pemerintah telah memperluas penggunaan wajib biodiesel kelapa sawit.

Indonesia mencatat defisit perdagangan tahunan $ 8,6 miliar tahun lalu. Itu mendorong pemerintah untuk mengadopsi sejumlah langkah, termasuk tarif yang lebih tinggi pada beberapa barang, dalam upaya untuk mengekang impor.

Impor turun 16,4% menjadi $ 14,8 miliar dibandingkan tahun sebelumnya. Perkiraan median adalah untuk penurunan 15,4%
Impor bahan baku dan barang perantara merosot 18,8% dibandingkan tahun sebelumnya, sementara impor barang modal turun 11,4%
Pengiriman minyak dan gas turun 40,1% dibandingkan tahun sebelumnya.
Ekspor manufaktur turun 2,49%

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here