Optimisme Konsumen Jerman Desember Diprediksi Meningkat

502

(Vibiznews – Economy & Business) Optimisme konsumen Jerman akan meningkat pada bulan Desember, kelompok riset pasar GfK mengatakan Selasa (26/11), di tengah meningkatnya ekspektasi ekonomi dan pendapatan.

Indeks harapan masa depan GfK akan naik menjadi 9,7 poin di Desember dari 9,6 poin untuk November, kata GfK. Ekonom yang disurvei oleh The Wall Street Journal memperkirakan 9,6 poin pada Desember.

“Tingkat kepercayaan konsumen yang sangat tinggi di antara konsumen Jerman telah berkontribusi secara signifikan untuk mencegah resesi di Jerman pada kuartal ketiga,” kata Rolf Buerkl, pakar konsumen GfK, seperti yang dilansir Marketwatch.

GfK menggunakan tiga langkah untuk menurunkan angka sentimen untuk bulan mendatang. Pada bulan November, ukuran ekspektasi ekonomi dan pendapatan naik, sementara ukuran kecenderungan membeli turun.

GfK mengatakan tingkat sentimen konsumen “sangat memuaskan” dan mencatat bahwa kecenderungan untuk membeli tetap stabil. Namun dikatakan bahwa sentimen lebih rendah dibandingkan dengan Desember 2018 karena faktor-faktor seperti penurunan ekonomi global, konflik perdagangan dan ketidakpastian Brexit.

Pada pertengahan November, kantor statistik Jerman mengatakan produk domestik bruto kuartal ketiga naik 0,1% yang disesuaikan pada kuartal tersebut. Sebelum data itu dirilis, sejumlah ekonom memperkirakan ekonomi akan tergelincir ke dalam resesi.

Ukuran prospek ekonomi naik menjadi 1,7 poin pada November dari minus 13,8 poin pada Oktober, menahan tren menurun setidaknya untuk saat ini, kata GfK.

Ekspektasi penghasilan juga meningkat dan mencapai 45,5 poin dari 39,0 poin di bulan sebelumnya, didukung oleh situasi pasar tenaga kerja yang sehat.

Kecenderungan untuk membeli ukuran turun menjadi 50,0 poin pada November dari 51,7 poin pada Oktober, tetapi meskipun mengalami kerugian, GfK mengatakan itu masih pada tingkat yang sangat tinggi.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here