Trump : Kesepakatan Dagang Dengan China Dimungkinkan Setelah 2020

737

(Vibiznews – Economy & Business) Presiden AS Donald Trump memperingatkan bahwa kesepakatan perdagangan dengan China bisa lebih dari setahun lagi direalisasikan.

Berbicara pada KTT NATO di London, Presiden AS mengatakan AS melakukan “sangat baik” dari perang perdagangan dan dia tidak terburu-buru untuk menandatangani perjanjian sebelum dia mencalonkan diri untuk pemilihan kembali November mendatang.

Trump menekankan lebih baik menunggu sampai setelah pemilihan untuk kesepakatan China. Tetapi China ingin membuat kesepakatan saat ini.

Para pedagang mencerna pandangan presiden bahwa ketidakpastian seputar pembicaraan perdagangan AS-Cina, yang dipersalahkan karena memangkas pertumbuhan perdagangan global sebanyak tiga perempat sejak 2017, bisa berlanjut ke tahun 2021.

Trump menuduh Cina merobek AS selama bertahun-tahun, dan mengatakan putus asa untuk mengakhiri perang dagang, yang menurutnya lebih menyakitkan Beijing daripada Washington.

Dalam beberapa minggu terakhir Gedung Putih telah mengirim sinyal beragam tentang kemajuan menuju kesepakatan perdagangan komprehensif antara AS dan China. Bulan lalu, para pejabat China mengatakan mereka akan menandatangani kesepakatan tahap pertama dengan AS, dan kebisuan Washington dibaca sebagai persetujuan diam-diam. Tetapi hanya beberapa hari kemudian Washington menegaskan bahwa kedua pihak masih berselisih dan kesepakatan tergantung pada konsesi lebih lanjut dari Beijing.

Komentar Trump datang hanya beberapa jam setelah ia mengusulkan tarif impor untuk barang-barang Prancis lebih dari £ 1,8 miliar sebagai pembalasan atas pajak baru yang dikenakan oleh Paris atas penjualan penyedia layanan digital.

Presiden AS mengatakan Perancis salah memukul perusahaan teknologi Amerika dengan pungutan 3% dari pendapatan global mereka.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here