Pertumbuhan Ekonomi Q3 Zona Eropa Stabil Sesuai Perkiraan

1081

(Vibiznews – Economy & Business) Ekonomi zona Eropa menunjukkan pertumbuhan stabil pada kuartal ketiga, didukung oleh belanja dari konsumen dan pemerintah.

Menurut Eurostat, badan statistik resmi Uni Eropa, GDP yang disesuaikan secara musiman sebesar 0,2% di seluruh wilayah mata uang kuat-19 negara, dan sebesar 0,3% di seluruh blok perdagangan 28-kuat yang lebih luas. PDB naik 0,2% di kedua zona pada kuartal kedua.

Kenaikan kuartal ke kuartal ini sejalan dengan perkiraan awal dan dengan perkiraan analis.

Tahun ke tahun, PDB tidak berubah pada 1,2% di Zona Euro dan 1,2% di UE28.

Secara keseluruhan, konsumsi akhir rumah tangga naik 0,5% di zona Eropa, dibantu oleh permintaan yang lebih kuat untuk barang tahan lama di Jerman, ekonomi terbesar di kawasan itu. Pengeluaran pemerintah melambat sedikit, tetapi masih masuk pada 0,4% setelah angka kuartal kedua direvisi ke atas.

Di masing-masing negara Zona Eropa, Jerman dan Italia menunjukkan pertumbuhan terendah, hanya 0,1%.

Menurut analis lonjakan pertumbuhan belanja konsumen adalah pendorong utama tingkat pertumbuhan tidak berubah pada kuartal ketiga, meskipun investasi swasta, ex-inventaris dan pengeluaran pemerintah juga membantu. Persediaan dan perdagangan bersih adalah hambatan.

Kedepan, untuk kuartal keempat diperkirakan pertumbuhan PDB pada 0,2% kuartal-ke-kuartal, konsisten dengan penurunan pada tingkat tahun-ke-tahun, dengan 0,2 poin persentase menjadi 1,0%.

Jumlah orang yang bekerja di zona Eropa naik 0,1% pada kuartal ketiga dibandingkan dengan tiga bulan sebelumnya. Ini turun menjadi 0,9% tahun ke tahun, turun dari pertumbuhan 1,2% pada kuartal kedua, yang sedikit lebih rendah dari perkiraan awal.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here