PDB Inggris 3 Bulan Hingga Oktober Stagnan

669

(Vibiznews – Economy & Business) Produk domestik bruto di Inggris tidak berubah dalam tiga bulan hingga Oktober 2019 dan sesuai dengan perkiraan pasar.

Sektor jasa merupakan satu-satunya penyumbang positif terhadap pertumbuhan PDB, tumbuh sebesar 0,2 persen.

Sebaliknya, output di sektor produksi dan konstruksi mengalami kontraksi, masing-masing sebesar 0,7 persen dan 0,3 persen.

Hanya untuk Oktober, PDB tidak menunjukkan pertumbuhan, setelah jatuh 0,1 persen pada September dan terhadap ekspektasi pasar kenaikan 0,1 persen.

Indeks Ekonomi Terkemuka di Inggris rata-rata 0,48 persen dari 1997 hingga 2019, mencapai rekor tertinggi sepanjang masa 1,90 persen pada September 1999 dan rekor terendah -2,10 persen pada Januari 2009.

GDP mengukur nilai barang dan jasa yang diproduksi di Inggris. Angka mengacu pada tingkat pertumbuhan tiga bulan, yang merupakan indikator yang lebih baik dari pertumbuhan yang mendasarinya dalam PDB karena angka bulanan cenderung lebih fluktuatif.

Dalam hal ini, rilis bulanan dapat dianggap sebagai pembaruan bulanan atas data ekonomi selama tiga bulan, dan bukan angka yang mewakili ekonomi hanya dalam satu bulan.

Data tiga bulan bergulir dihitung dengan membandingkan pertumbuhan dalam periode tiga bulan dengan pertumbuhan pada periode tiga bulan sebelumnya, misalnya pertumbuhan pada bulan Maret hingga Mei dibandingkan dengan bulan Desember hingga Februari sebelumnya.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here