Inflasi November AS Naik Tertinggi 1 Tahun

679
wall street amerika

(Vibiznews – Economy & Business) Tingkat inflasi tahunan AS naik menjadi 2,1 persen pada November 2019 dari 1,8 persen pada bulan sebelumnya dan di atas konsensus pasar 2,0 persen. Itu adalah tingkat tertinggi sejak November 2018.

Inflasi makanan berdiri di 2,0 persen pada November, sedikit berubah dari 2,1 persen pada Oktober, didorong oleh biaya makanan di rumah (1,0 persen, sama seperti pada Oktober) dan makanan jauh dari rumah (3,2 persen vs 3,3 persen).

Kenaikan harga tambahan dicatat untuk layanan transportasi (0,8 persen, sama seperti pada bulan Oktober); layanan perawatan medis (5,1 persen, sama seperti pada bulan Oktober); tempat tinggal (3,3 persen, sama seperti pada bulan Oktober); dan komoditas perawatan medis (0,6 persen vs 1,0 persen).

Harga energi turun hanya 0,6 persen pada November, menyusul kejatuhan 4,2 persen pada bulan sebelumnya. Dalam komoditas energi, biaya bensin turun 1,2 persen (vs -7,3 persen pada Oktober) dan harga bahan bakar minyak turun 6,7 persen (vs -10,6 persen pada Oktober). Dalam layanan energi, biaya layanan gas utilitas (pipa) naik 1,1 persen (vs 0,2 persen pada Oktober) dan harga listrik naik 0,5 persen (vs 0,4 persen pada Oktober). Penurunan lainnya terlihat pada harga pakaian jadi (-1,6 persen vs -2,3 persen); kendaraan baru (-0,1 persen vs 0,1 persen); dan mobil dan truk bekas (-0,4 persen vs 1,4 persen).

Tingkat inflasi inti, yang tidak termasuk barang volatile seperti makanan dan energi, tidak berubah pada 2,3 persen, sejalan dengan ekspektasi pasar.

Secara bulanan, harga konsumen naik 0,3 persen pada November, setelah naik 0,4 persen pada Oktober dan juga di atas perkiraan pasar 0,2 persen, didorong oleh kenaikan biaya hunian dan energi. Harga juga lebih tinggi untuk perawatan medis, rekreasi, dan makanan.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here