Bursa Eropa Akhir Pekan Melonjak Tinggi Cetak Rekor

1022

(Vibiznews – Index) – Bursa saham Eropa melonjak pada pembukaan perdagangan hari Jumat (13/12) yang mendaki  rekor tertinggi dan poundsterling melakukan reli terbesar dalam hampir tiga tahun, setelah partai Konservatif yang berkuasa mengamankan kemenangan besar dalam pemilihan cepat, mengakhiri kebuntuan Parlemen dan memungkinkan untuk  Brexit pada akhir bulan Januari.

Hasilnya menunjukkan bahwa PM Johnson dapat mendorong kesepakatan Brexit melalui Parlemen dan membawa Inggris keluar dari Uni Eropa pada batas waktu Januari. Hasilnya kemungkinan akan mengakhiri kebuntuan Brexit di Parlemen yang melumpuhkan negara itu.

Investor juga menyambut laporan media yang menyarankan bahwa Washington telah menawarkan untuk memangkas tarif yang ada dan membatalkan tarif baru yang mulai berlaku hari Minggu sebagai bagian dari kesepakatan untuk meningkatkan pembelian barang pertanian AS di China dan mendapatkan konsesi lainnya.

Laporan tersebut mengatakan bahwa persyaratan telah disetujui tetapi teks hukum belum selesai. Kedua belah pihak belum mengkonfirmasi secara resmi berita tersebut sebelum tenggat waktu hari Minggu, ketika tarif baru AS untuk barang-barang China senilai $160 miliar akan diberlakukan.

Indeks Pan Eropa Stoxx 600 melonjak sebanyak 1,6 persen menjadi 414,20 setelah naik 0,3 persen di sesi sebelumnya. Indeks DAX Jerman menguat 1,3 persen, indeks CAC 40 Prancis melonjak 1,2 persen dan indeks FTSE 100  naik 1,7 persen.

Saham Aareal Bank naik 2,2 persen setelah dewan pengawas menyetujui pembaruan penunjukan Chief Financial Officer Marc Hess sebagai anggota Dewan Manajemen perusahaan lebih awal, hingga 31 Desember 2024.

Saham Layanan pengiriman makanan online, Delivery Hero melonjak 15 persen. Perusahaan telah setuju untuk membeli sekitar 82 persen saham di platform pengiriman makanan Korea Selatan, Woowa Brothers Corp. dalam bentuk transaksi tunai dan saham.

Saham penambang emas Centamin naik hampir 2 persen setelah  Perusahaan mengumumkan penunjukan Ross Jerrard sebagai Chief Executive Officer sementara, efektif segera. Perusahaan juga menunjuk James Rutherford sebagai Wakil Ketua Non-Eksekutif, efektif 1 Januari 2020.

Untuk saham yang bergerak sebaliknya seperti saham Henkel AG & Co. KGaA anjlok 3,2 persen setelah perusahaan barang-barang kimia dan barang-barang konsumsi mengatakan pihaknya memperkirakan pendapatan akan berdampak negatif pada tahun fiskal 2020 karena lingkungan industri yang tidak pasti dan investasi dalam pemasaran dan periklanan.

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting  
Editor: Asido Situmorang 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here