Indeks FTSE 100 London Melonjak Usai Kemenangan Boris Johnson

686
inggris london

(Vibiznews – Index) – Saham Eropa mencapai tertinggi sepanjang masa pada hari Senin karena kesepakatan perdagangan awal “sepenuhnya dilakukan” antara Amerika Serikat dan China menjaga momentum yang bergulir setelah reli pekan lalu didorong oleh kemenangan pemilihan Konservatif Inggris.

London FTSE 100. FTSE melonjak 2,1% dalam keuntungan berbasis luas karena investor mengambil kemenangan Perdana Menteri Boris Johnson dalam pemilihan pekan lalu sebagai peluang untuk membeli kembali ke pasar yang kinerjanya buruk di tengah kekhawatiran Brexit.

Saham penghasil dolar besar seperti British American Tobacco (BATS.L), Glencore (GLEN.L) dan BHP (BHPB.L) naik antara 3% dan 5%, sementara bank yang terpapar ketidakpastian Brexit termasuk Royal Bank of Scotland (RBS) .L) dan Barclays (BARC.L) naik sekitar 4%.

Keuntungan untuk London, bersama dengan optimisme umum atas arah kesepakatan perdagangan AS-China, mendorong indeks STOXX 600 pan-Eropa ke rekor tertinggi. Indeks naik 1,10% pada 416,56, melampaui hit tinggi sebelumnya pada April 2015.

Penambang yang peka terhadap perdagangan .SXPP adalah penambah tertinggi setelah Perwakilan Dagang AS Robert Lighthizer mengatakan pada akhir pekan bahwa kesepakatan perdagangan “fase satu” AS-China hampir akan menggandakan ekspor AS ke China selama dua tahun ke depan dan “sepenuhnya selesai”.

DAX Jerman .DAXI tertinggal dari rekan-rekannya di Eropa, dimana harga saham pembuat mobil seperti Volkswagen (VOWG_p.DE) dan Daimler (DAIGn.DE) bergerak melemah.

Indeks Pembelian Manajer Markit yang dirilis sebelumnya menunjukkan aktivitas sektor swasta Jerman menyusut untuk bulan keempat berjalan pada bulan Desember sebagai penurunan di sektor manufaktur yang menekan pertumbuhan sektor jasa.

Di antara penggerak individu, pembuat alat Swedia Electrolux AB (ELUXb.ST) merosot 11,3% setelah memperingatkan bisnis Amerika Utara akan mengambil pukulan lebih besar dari yang diperkirakan, sebagian karena kenaikan biaya perpindahan pabrik baru di Carolina Selatan.

Tullow Oil (TLW.L) anjlok 12% setelah S&P Global menurunkan peringkat kredit jangka panjangnya, beberapa hari setelah chief executive officer perusahaan turun dan membatalkan dividennya.

Selasti Panjaitan/Vibiznews
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here