Masih Ada Ketidakjelasan Dalam Kesepakatan Dagang AS-China

596

(Vibiznews – Economy & Business) Pada hari Jumat lalu Amerika Serikat dan China mengumumkan bahwa mereka mencapai apa yang disebut perjanjian fase satu. Namun titik kritis dari kesepakatan itu masih dipertanyakan yaitu mengenai pembelian pertanian.

Perdagangan bilateral adalah bagian penting dari perselisihan antara dua ekonomi terbesar di dunia ini, terutama setelah kedua belah pihak memutuskan untuk memecah negosiasi menjadi beberapa fase.

Presiden AS Donald Trump mengatakan Cina akan membeli $ 50 miliar dalam pembelian pertanian “segera.” Lebih khusus lagi, Reuters melaporkan bahwa Perwakilan Dagang AS Robert Lighthizer mengatakan kepada wartawan bahwa China akan membeli setidaknya $ 16 miliar lebih banyak barang pertanian dalam setiap dua tahun ke depan . Artikel itu mencatat bahwa total pembelian bisa mendekati $ 50 miliar pada tahun 2020 dan 2021.

Perdagangan antara AS dan China telah menurun karena kedua belah pihak menerapkan tarif barang miliaran dolar satu sama lain. Pada tahun 2018, China menempati urutan kelima dari tujuan teratas untuk ekspor pertanian AS sebesar $ 9,2 miliar, turun dari tempat kedua setahun sebelumnya, menurut Departemen Pertanian AS.

Dalam langkah pertama yang menggembirakan, AS menahan kenaikan tarif untuk barang-barang Tiongkok pada hari Minggu, dan Beijing tidak melanjutkan dengan tarif pembalasan yang direncanakan. China juga telah meningkatkan pembelian kedelai Amerika tahun ini, meskipun diperkirakan secara keseluruhan akan menurunkan permintaan China untuk produk tersebut, menurut Dewan Ekspor Kedelai A.S.

Masih belum jelas bagaimana dan kapan AS akan menurunkan tarif lainnya, suatu kondisi untuk kesepakatan fase-satu yang telah dipegang teguh oleh pihak China. Kantor Perwakilan Dagang AS mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Amerika Serikat akan mempertahankan tarif 25% atas sekitar $ 250 miliar impor China, bersama dengan bea masuk 7,5% atas sekitar $ 120 miliar impor Tiongkok.

Kedua belah pihak juga masih perlu menandatangani teks perjanjian, yang menurut pejabat China membutuhkan tinjauan hukum dan terjemahan. Lighthizer mengatakan kedua negara berharap untuk menandatangani kesepakatan di Washington pada awal Januari, dan tidak akan ada tarif baru selama China bernegosiasi dengan itikad baik.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here