Optimisme Konsumen Jerman Diprediksi Menurun Awal Tahun Depan

721

(Vibiznews – Economy & Business) Optimisme konsumen Jerman diprediksi memburuk pada Januari tahun depan, sebuah survei menunjukkan pada hari Jumat (20/12), bahwa pengeluaran rumah tangga di ekonomi terbesar Eropa ini dapat melemah pada awal tahun depan.

Indikator sentimen konsumen, yang diterbitkan oleh lembaga GfK yang berbasis di Nuremberg dan berdasarkan survei terhadap sekitar 2.000 orang Jerman, turun menjadi 9,6 dari 9,7 pada Desember. Jajak pendapat para analis dari Reuters memperkirakan kenaikan menjadi 9,8.

Pengeluaran rumah tangga telah berubah menjadi pendorong pertumbuhan yang stabil dan dapat diandalkan di Jerman yang dibantu oleh lapangan kerja yang tinggi, kenaikan gaji yang tinggi, dan biaya pinjaman yang rendah secara historis, menyediakan penyangga terhadap masalah terkait perdagangan.

Peneliti GfK Rolf Buerkl mengatakan konsumen lebih pesimis terhadap prospek pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan. Mereka juga mengurangi ekspektasi penghasilan pribadi mereka, dengan sub-indikator GfK jatuh ke level terendah dalam lebih dari enam tahun.

Badan industri mobil utama Jerman VDA mengatakan awal bulan ini bahwa kecuali penjualan mobil global turun sebesar 5% tahun ini dan sebagai hasilnya memperingatkan akan ada lebih banyak lagi pengurangan pekerjaan pada tahun 2020.

Untuk tahun 2019 secara keseluruhan, pemerintah memperkirakan pertumbuhan 0,5%, yang akan menjadi kinerja terlemah sejak 2013. Pemerintah memprediksi kenaikan moderat dengan pertumbuhan 1,0% tahun depan.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here