Bursa Eropa Malam Natal Bergerak Kuat di Posisi Rekor

802

(Vibiznews – Index) – Bursa saham Eropa sedikit lebih rendah pada awal perdagangan hari Selasa (24/12), kemudian bergerak positif kembali di dekat rekor tertinggi di tengah tanda-tanda kemajuan dalam pembicaraan perdagangan AS-Cina setelah Presiden AS Donald Trump mengatakan pakta perdagangan AS-Cina awal akan ditandatangani segera.

Indeks Pan Eropa Stoxx 600 dibuka turun sedikit di 418,15, kini naik kembali ke posisi 418,67 atau naik 0,09%.   Indeks CAC 40 Prancis menguat 0,02% , indeks FTSE 100   juga menguat 0,11%,  sementara itu pasar saham di Jerman dan Italia tetap ditutup untuk Malam Natal.

Di Eropa, sterling merosot ke level terendah tiga minggu terhadap dolar  didorong oleh kekhawatiran atas garis keras pemerintah Inggris pada pembicaraan Brexit.  FTSE 100 Inggris akan ditutup pada pukul 12:30 malam. Waktu London dengan pasar Eropa lainnya tak lama kemudian.

Saham bodycote naik 1,5 persen. Saham penyedia perawatan panas dan layanan pemrosesan termal khusus telah menandatangani perjanjian untuk mengakuisisi Ellison Surface Technologies.

Saham investor infrastruktur Greenfield, John Laing Group naik setengah persen di tengah berita pihaknya akan menginvestasikan A$ 51,5 juta atau sekitar 28 juta poundsterling di Fasilitas Pemulihan Sumber Daya Rockingham Timur di Perth, Australia.

Saham raksasa supermarket Tesco sedikit turun. China membantah tuduhan kerja paksa di sebuah penjara di Shanghai setelah kartu Natal yang dijual di perusahaan itu dilaporkan ditemukan berisi pesan dari seorang tahanan.

Jul Allens, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here