Bursa Eropa Ditutup Naik Mengabaikan Konflik AS-Iran

720

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Eropa ditutup sedikit lebih tinggi pada hari Rabu, membalikkan kerugian sebelumnya setelah Iran menembakkan rudal pada pangkalan udara Irak yang menaungi pasukan AS.

Indeks Stoxx 600 Eropa naik sekitar 0,1% lebih tinggi pada bel penutupan, dengan saham perjalanan dan liburan menambah 0,6% untuk memimpin kenaikan sementara makanan dan minuman tergelincir 0,6%.

Indeks FTSE ditutup naik 0,01%. Indeks DAX menguat 0,71%. Indeks CAC naik 0,31%.

Pasar di Eropa mengalami awal yang sulit setelah Teheran membalas pembunuhan komandan militer topnya di Washington, meluncurkan lebih dari selusin rudal balistik yang ditargetkan pada pasukan militer AS di Irak.

Namun, para pelaku pasar tampaknya menafsirkan tindakan itu sebagai tanggapan yang terkandung terhadap pembunuhan yang ditargetkan Qasem Soleimani, dengan kekhawatiran eskalasi agak berkurang selama sesi perdagangan Rabu.

Menteri Luar Negeri Iran Mohamad Javad Zarif mengatakan melalui Twitter bahwa “kami tidak mencari eskalasi atau perang, tetapi akan membela diri terhadap agresi apa pun.”

“Semua baik-baik saja!” Presiden Donald Trump tweeted, menambahkan bahwa penilaian korban sedang berlangsung.

Kembali ke Eropa, Perdana Menteri Inggris Boris Johnson akan bertemu dengan Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen pada hari Rabu, di mana ia akan mengatakan kepadanya bahwa Inggris tidak akan memperpanjang transisinya keluar dari Uni Eropa setelah Desember 2020.

Dalam berita perusahaan, Sainsbury melaporkan kuartal Natal yang lemah sebelum bel, yang menghubungkan penurunan penjualan sejenis dengan permintaan yang buruk untuk barang umum sementara menekankan penjualan makanan padat. Saham jaringan supermarket Inggris 1,6% lebih rendah pada akhir sesi Rabu.

Adapun data, pesanan pabrik Jerman turun secara tak terduga pada bulan November didukung oleh permintaan asing yang lemah, menurut angka yang diterbitkan Rabu pagi.

Namun, data yang diterbitkan Rabu oleh lembaga ekonomi Ifo di Munich, KOF di Zurich dan Istat di Roma menunjukkan bahwa ekonomi zona euro mendapatkan momentum. The Ifo Institute mengatakan bahwa pertumbuhan ekonomi akan naik menjadi 0,3% pada kuartal keempat 2019 dari 0,2% pada kuartal sebelumnya.

Kelompok-kelompok penelitian mengantisipasi pertumbuhan 0,3% kuartal ke kuartal di masing-masing dua kuartal pertama tahun 2020, dengan produksi industri dan investasi juga semakin cepat.
Persediaan bergerak

Saham NMC Health yang terdaftar di London anjlok hampir 16% setelah dua investor menjual saham mereka di perusahaan. Rantai rumah sakit yang berbasis di Abu Dhabi telah terlibat dalam perselisihan yang berlarut-larut dengan aktivis short-seller Muddy Waters mengenai praktik akuntansinya.

Di puncak benchmark Eropa, saham produsen video game Ubisoft naik 4,7%.

Perusahaan infrastruktur Italia Atlantia naik 4% karena harapan bahwa pembicaraan baru dengan pemerintah dapat menyelamatkan konsesi jalan tolnya, menurut Reuters.

Perusahaan peralatan manufaktur Inggris Rotork turun 6,3% setelah Bank of America memangkas stok dari “beli” menjadi “berkinerja buruk,” mengutip momentum terbatas pada 2020.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here