Aussie dalam AUDUSD di Eropa Lanjut Bearish, Sempat Rebound Oleh Data Ekspor

492

(Vibiznews – Forex) – Mata uang Australia-Aussie dolar dalam pair AUDUSD yang bergerak bearish selama 5 hari berturut, sempat rebound pada perdagangan sesi Asia hari Kamis (09/01/2020). Namun masuki sesi Eropa mundur kembali menimbang kekuatan dolar AS yang bergerak rally masuki hari ketiga berturut.

Pair AUDUSD  menghentikan kemunduran tajam baru-baru ini dari posisi terendah 3 minggu  di tengah membaiknya sentimen risiko global. Menurunnya ketegangan geopolitik di Timur Tengah tetap mendukung gelombang baru perdagangan risiko, yang pada akhirnya memberikan kelonggaran langsung bagi mata uang yang dianggap berisiko – seperti Aussie.

Selain itu kekuatan Aussie di sesi Asia mendapat tambahan dari laporan  data Neraca Perdagangan Australia yang optimis, yang menunjukkan kenaikan surplus menjadi 5,80 miliar pada November dibandingkan dengan pembacaan revisi bulan sebelumnya di 4,08 miliar. Kemudian dibatasi oleh laporan dari data inflasi China yang lebih lembut  untuk CPI dan PPI  bulan Desember.

Untuk pergerakan selanjutnya, tidak ada data ekonomi utama pasar AS yang akan dirilis pada malam ini dan karenanya, dinamika harga dolar AS serta sentimen aset risiko  dapat terus bertindak sebagai penentu utama momentum pasangan ini.

Secara teknikal menurut analyst Vibiz Research Center, pair sedang turun  menuju kisaran support 0.6847 – 0.6875. Namun jika terjadi koreksi positif pada sesi amerika akan mendaki menuju resisten 0.6885 – 0.6905.

Jul Allens, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here