Mobil Tesla Batasi Laju Rekor Nasdaq di Bursa Amerika

592

(Vibiznews – Index) – Rally perdagangan saham di bursa Wall Street Amerika terus berlanjut hingga membuat indeks Nasdaq dan S&P500 mencetak rekor penutupan tertinggi pada akhir sesi Kamis (06/02/2020).  Namun laju indeks Nasdaq mendapat hambatan dari anjlok parahnya saham pembuat mobil listrik Tesla.

Indeks Nasdaq naik hanya 40,71 poin atau 0,4 persen menjadi 9.508,68, indeks Dow Jones melonjak 483,22 poin atau 1,7 persen menjadi 29.290,85 dan indeks S&P 500 melonjak 37,10 poin atau 1,1 persen menjadi 3.334,69. Kekuatan yang terus berlanjut di Wall Street sebagai respon  laporan terobosan dalam pengembangan perawatan untuk virus corona.

Sebuah laporan dari TV China yang mengindikasikan tim peneliti di Universitas Zhejiang telah menemukan obat yang efektif untuk mengobati orang dengan virus baru. Kemudian diberitakan juga  seorang ilmuwan Inggris terkemuka telah membuat terobosan signifikan dalam perlombaan untuk mendapatkan vaksin coronavirus dengan mengurangi sebagian dari waktu pengembangan normal dari  dua menjadi tiga tahun menjadi hanya 14 hari.

Investor tampaknya mengabaikan tanggapan terhadap laporan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang menyatakan  tidak ada terapi efektif untuk perawatan terhadap virus Corona tersebut.

Menambah sentimen positif, prosesor penggajian ADP merilis laporan yang menunjukkan pertumbuhan pekerjaan sektor swasta AS jauh lebih kuat dari yang diharapkan pada bulan Januari. Pekerjaan sektor swasta melonjak  291.000 pekerjaan pada Januari setelah melonjak oleh 199.000 pekerjaan yang direvisi pada Desember.

Kemudian Institute for Supply Management juga merilis laporan yang menunjukkan laju pertumbuhan yang lebih cepat dalam aktivitas sektor layanan AS di bulan Januari. Indeks non-manufaktur naik menjadi 55,5 pada Januari dari revisi 54,9 pada Desember, dengan angka di atas 50 menunjukkan pertumbuhan sektor jasa.

Sementara itu, laporan terpisah yang dirilis oleh Departemen Perdagangan menunjukkan defisit perdagangan AS melebar pada bulan Desember di tengah lonjakan nilai impor.

Kemunduran tajam oleh saham Tesla (TSLA) membatasi sisi positif untuk Nasdaq, dengan  anjlok 17,1 persen oleh aksi profit taking setelah melonjak ke rekor tertinggi baru di sesi sebelumnya.

Secara sektoral saham  energi menunjukkan pergerakan substansial ke atas yang  diuntungkan dari rebound oleh harga minyak mentah. Karenanya NYSE Arca Natural Gas Index melonjak 4,6 persen, Philadelphia Oil Service Index melonjak 4,1 persen dan NYSE Arca Oil Index melonjak 3,6 persen.

Kekuatan signifikan juga terlihat di antara saham bioteknologi, sebagaimana tercermin oleh lonjakan 2,6 persen oleh NYSE Arca Biotechnology Index. Saham perbankan, perumahan dan semikonduktor juga mendapat kekuatan yang cukup besar pada hari itu, bergerak lebih tinggi bersama dengan sebagian besar sektor utama lainnya.



  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here