Euro Bertahan Tertinggi 2 Bulan; Dolar AS Berupaya Bangkit

848

(Vibiznews – Forex) Euro bertahan di dekat tertinggi dua bulan dan dolar AS berusaha bangkit pada hari Rabu (04/03) dengan pasar mengevaluasi dampak dari penurunan suku bunga Fed darurat sehari sebelumnya.

The Fed mengejutkan para investor dengan memangkas suku bunga sebesar 50 basis poin ke kisaran target 1,00% menjadi 1,25% pada hari Selasa, dua minggu sebelum pertemuan kebijakan yang dijadwalkan secara rutin, dalam upaya untuk memerangi dampak dari virus corona.

Euro adalah salah satu mata uang yang paling diuntungkan dari pelemahan dolar berbasis luas karena para pedagang memperkirakan the Fed akan memangkas suku bunga lebih banyak daripada Bank Sentral Eropa.

Euro naik 0,1% pada awal perdagangan London ke $ 1,11760, tetapi bertahan pada tertinggi dua bulan pada Selasa di $ 1,12135.

Pasar uang di zona Eropa memperkirakan 90% kemungkinan ECB akan memangkas suku bunga simpanannya, sekarang minus 0,50%, sebesar 10 bps minggu depan.

Dolar AS jatuh ke level terendah lima bulan di 106,85 yen di Asia pada hari Rabu, rebound dan terakhir naik 0,2% pada 107,355 yen.

Dolar AS merosot pada Selasa karena penurunan suku bunga dianggap tidak cukup untuk mengimbangi efek dari virus corona. Kekecewaan bahwa Kelompok Tujuh tidak memberikan tanggapan spesifik pada hari Selasa.

Di pasar darat, yuan menyentuh tertinggi enam minggu di 6,9288 per dolar pada awal perdagangan, tanda lain dari bias dolar yang lemah. Ini mengabaikan survei yang menunjukkan layanan China memiliki bulan terburuk dalam catatan pada bulan Februari.

Sterling membeli $ 1.2792, turun 0,2% pada hari itu. Ketidakpastian tentang pembicaraan perdagangan antara Inggris dan Uni Eropa membebani sterling, seiring dengan meningkatnya harapan untuk penurunan suku bunga Inggris.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan mata uang dolar AS masih berpotensi lemah pasca pemotongan suku bunga The Fed AS. Juga akan mencermati pergerakan bursa Wall Street dan

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here