Bursa Eropa Akhir Pekan Rebound; Saham Maskapai Bangkit

860

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Eropa rebound pada hari Jumat (13/03) terpicu bargain hunting setelah sebelumnya merosot akibat pandemi coronavirus yang menekan sentimen investor.

Indeks Stoxx 600 Eropa naik 6,4% selama perdagangan sore, dengan sumber daya dasar naik 11,4%, naik 11,1% dan utilitas naik 10,7% karena semua sektor dan bursa utama diperdagangkan dengan kuat di wilayah positif.

Indeks FTSE naik 6,86%. Indeks DAX menguat 6,39%. Indeks CAC melonjak 7,37%.

Benchmark Eropa telah anjlok 11% pada hari Kamis untuk mencatat kerugian satu hari terbesar yang pernah ada, karena pasar bereaksi terhadap pengumuman pembatasan perjalanan oleh Presiden AS Donald Trump dari wilayah Schengen Eropa dan keputusan Bank Sentral Eropa untuk tidak menurunkan suku bunga.

Coronavirus sekarang telah menginfeksi lebih dari 128.000 orang di seluruh dunia, dengan 4.720 kematian, menurut angka terbaru dari Universitas Johns Hopkins. Italia tetap menjadi negara dengan dampak terburuk di Eropa dan sekarang menghadapi penutupan total, dengan kasus-kasus yang melampaui 15.000 dan 1.016 kematian dipastikan pada 6 p.m. pada hari Kamis.

Raksasa diagnosa Swiss Roche mengumumkan pada hari Jumat bahwa mereka telah menerima otorisasi darurat dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan AS (FDA) untuk uji virus corona baru.

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengatakan pada hari Kamis bahwa hingga 10.000 orang di Inggris mungkin terinfeksi virus, sementara BT mengonfirmasi bahwa CEO-nya Philip Jansen telah dites positif COVID-19.

Lufthansa, KLM Air France, Poste Italiane, Recordati dan Prysmian semuanya menambahkan lebih dari 21% di tengah kebangkitan pasar yang lebih luas.

Leonardo di Italia melonjak 18,5% setelah mengumumkan kenaikan yang diperkirakan dalam arus kas operasi bebas dan target investasi hingga 700 juta euro ($ 782,4 juta).

Saham Wirecard naik 15,2% setelah perusahaan pembayaran Jerman mengatakan audit independen tidak menemukan manipulasi laporan keuangannya.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan lanjutkan penguatan pada akhir pekan ini terdukung upaya bargain hunting membeli saham-saham yang sudah murah harganya.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here