Bursa Eropa Rebound; Saham Perjalanan Melonjak

880

(Vibiznews -Index) Pasar Saham Eropa rebound pada Jumat (20/03) setelah bank sentral dan pemerintah secara global melakukan berbagai tindakan dan stimulus untuk mengurangi dampak pelemahan ekonomi akibat pandemi coronavirus.

Indeks Stoxx 600 naik 3%, dengan saham perjalanan dan liburan melonjak 8,7% untuk memimpin kenaikan. Semua sektor dan bursa utama diperdagangkan dengan kuat di wilayah positif.

Indeks FTSE naik 1,91%. Indeks DAX melonjak 4,28%. Indeks CAC melompat 5,13%.

Bank of England pada hari Rabu menjadi bank sentral terbaru yang meluncurkan program pembelian obligasi substansial dan mengeluarkan pemotongan darurat lebih lanjut untuk suku bunga, mengikuti langkah serupa Bank Sentral Eropa, Federal Reserve AS dan Bank of Japan, sementara pemerintah di negara ekonomi utama juga telah mulai memberikan kucuran fiskal.

Eropa sekarang telah menjadi pusat pandemi global coronavirus China, tempat virus itu berasal, dan kasus-kasus meningkat secara eksponensial di seluruh benua.

Dalam berita perusahaan, maskapai terus tertekan oleh penurunan permintaan di tengah wabah dan penutupan perbatasan terkait. Perusahaan penerbangan Jerman, Lufthansa, telah menurunkan sebagian besar armadanya.

Saham Virgin Money UK melonjak 33%, sementara SSP Group, Wood Group dan Osram Licht semua menambahkan lebih dari 24% karena saham yang mengalami kerugian terbesar selama seminggu terakhir mulai bangkit kembali.

Pengecer Inggris W.H. Smith melonjak 20%, rebound dari kerugian besar setelah memperingatkan dampak signifikan dari coronavirus untuk bisnisnya.

Di bagian bawah benchmark Eropa, perusahaan penjaminan kualitas Inggris Intertek turun 6,3%.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa berpotensi melanjutkan pennguatan dengan adanya dukungan dari bank sentral dan pemerintah negara Eropa untuk memberikan dukungan dan stimulus menghadapi pandemi coronavirus.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here