Ekonomi Inggris Akhir 2019 Stagnan

626

(Vibiznews – Economy & Business) Ekonomi Inggris mengalami stagnasi pada akhir 2019 karena angka resmi yang dirilis mengkonfirmasi pengeluaran rumah tangga gagal tumbuh untuk pertama kalinya dalam empat tahun dan investasi bisnis jatuh.

Kantor Statistik Nasional (ONS) mengatakan produk domestik bruto Inggris (PDB) datar pada kuartal keempat 2019, tidak direvisi dari perkiraan awal.

Data menunjukkan dampak dari tekanan Brexit dan pemilihan umum pada akhir tahun lalu, meskipun dampaknya diperkirakan lebih rendah dibandingkan dengan dampak buruk dari krisis coronavirus dari kuartal pertama 2020.

Para ahli memperkirakan resesi mendalam di Inggris dan ekonomi global yang lebih luas di tengah langkah-langkah penguncian untuk memperlambat penyebaran pandemi Covid-19.

Angka-angka ONS terbaru menunjukkan bahwa ekonomi sebagian besar berhenti pada akhir tahun lalu karena pengeluaran rumah tangga datar, sementara investasi bisnis turun 0,5% karena perusahaan menunda proyek dan keputusan jangka panjang.

Pertumbuhan ekonomi tahunan Inggris dipastikan sebesar 1,1 persen pada kuartal keempat 2019, turun dari revisi 1,3 persen pada periode sebelumnya. Itu adalah laju ekspansi terlemah sejak periode Januari hingga Maret 2018 terutama disebabkan oleh kontraksi dalam investasi tetap dan perlambatan pertumbuhan konsumsi rumah tangga.

ONS mengatakan ekonomi tumbuh sebesar 1,4% secara keseluruhan pada 2019, tetapi direvisi naik pertumbuhan kuartal pertama menjadi 0,7% dan mengatakan produksi turun lebih dari yang diperkirakan pada kuartal kedua, turun 0,2%, menurut angka terbaru.

Sebelumnya diperkirakan bahwa ekonomi tumbuh 0,6% pada kuartal pertama dan turun 0,1% antara April dan Juni.

ONS juga merilis data yang mengungkapkan bahwa defisit neraca berjalan Inggris menyempit menjadi £ 5,6 miliar pada kuartal keempat – turun dari £ 19,9 miliar pada tiga bulan sebelumnya dan menandai level terendah sejak 2011.

Secara keseluruhan pada 2019, defisit transaksi berjalan sedikit melebar £ 900 juta menjadi £ 83,8 miliar, tetapi angka-angka menunjukkan total defisit perdagangan Inggris menyempit dari £ 29,8 miliar pada 2018 menjadi £ 25,9 miliar tahun lalu.

Penurunan tajam defisit transaksi berjalan pada kuartal keempat terutama disebabkan oleh volatilitas dalam perdagangan emas non-moneter dan jatuhnya impor setelah batas waktu Brexit pada Oktober.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here